Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Tanpa Ribet

Aktivasi Windows 10 Pro Anda Untuk Menikmati Fitur Premium
Read Time:5 Minute, 13 Second

Informasi mengenai cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 penting diketahui oleh anda jika ingin memutakhirkan sistem operasi komputer.

Dari waktu ke waktu, microsoft memang selalu membuat dan memperbaharui sistem operasi windows menjadi lebih canggih. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi.

Cara Upgrade Windows 7 Ke Windows 10 Seorang Sendiri

Mungkin di antara Anda, ada yang masih memiliki perangkat dengan sistem operasi Windows 7 atau 8. Ada kabar baik untuk anda, karena kini bisa langsung mengupgradenya ke Windows 10.

Ada dua cara yaitu dengan menggunakan windows update, dan menggunakan file ISO yang dapat ditaruh di flashdisk. Berikut kami akan menjelaskan panduannya:

Upgrade Melalui Tombol Windows Update

Cara pertama bisa dilakukan dengan fasilitas Windows update. Memang, cara ini lebih berat  dilakukan dan membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Akan tetapi, jika Anda memang memiliki wifi rumahan atau tidak mau menggunakan cara melalui file iso, Windows update bisa jadi solusi termudah. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Membuka Windows Update. Tekan Menu Windows yang ada pada keyboard, selanjutnya ketikkan Windows update. Berikutnya tekan enter dan selanjutnya klik check for updates. Tunggulah sampai pemeriksaan update ini selesai dilakukan karena akan memakan waktu beberapa lama.
  • Setelah selesai, klik update Windows. Selanjutnya, klik get started atau install untuk mulai meng-upgrade Windows anda. Tunggulah sampai proses selesai karena ukuran filenya yang sangat besar mencapai lebih dari 2,5 GB. Selanjutnya, update berjalan seperti halnya pada upgrade ISO.

Upgrade Windows 10 Melalui File Installer

Cara berikutnya dalam Windows update, yaitu bisa anda lakukan melalui file installer Windows. Anda harus mengunduh file installer terlebih dahulu untuk mulai proses ini. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan di antaranya sebagai berikut:

  • Unduhlah terlebih dahulu file installer kecil untuk memulai upgrade dari Windows 7 ke Windows 10. Link resmi downloadnya bisa anda akses berikut ini: http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=522367 . Unduh file yang berukuran sekitar 10,6 MB.
  • Setelah selesai, jalankan file tersebut dengan klik 2 kali. Selanjutnya, anda akan diminta untuk merestart komputer dan lakukanlah. Saat komputer hidup secara otomatis pemeriksaan Windows 10 update akan berjalan. Setelah itu, klik tombol install dan tunggulah sampai proses upgrade selesai yang cukup memakan waktu lama. Ini tergantung seberapa cepat koneksi internet anda.

Upgrade Windows 10 Melalui File ISO

Cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 selanjutnya melalui file ISO. Cara ini direkomendasikan oleh banyak orang karena lebih aman,  cepat dan efektif. Adapun panduan langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Download terlebih dahulu file iso yang sesuai dengan lingkungan pada Windows anda, 32-bit atau 64-bit. Perhatikan juga edisi Windows di komputer apakah sekarang menggunakan windows 7 atau 8. Selanjutnya, buat file installer dengan media USB flash disk. 
  • Caranya, siapkan file iso Windows 10 dan pastikan ukuran flash disk cukup menyimpan file tersebut, yaitu sekitar 4 GB atau lebih. Jangan sampai kapasitasnya kurang, karena memang ukuran file yang cukup besar. Format dahulu flashdisk tersebut. Selanjutnya, ekstrak file ISO ke dalamnya.
  • Setelah anda berhasil membuat file USB installer, colokan flashdisk ke perangkat komputer PC atau laptop. Klik dua kali file setup.exe. Selanjutnya, Windows akan mempersiapkan proses untuk mengupgrade sistem operasi.
  • Selanjutnya, pada layar akan muncul jendela Windows yang berisi license of term.  Centang terlebih dahulu i accept the license terms, dan selanjutnya klik tombol accept. Berikutnya, Anda akan melihat tampilan tulisan We’re getting a few things ready, lalu muncul  Making sure you’re ready to install.
  • Berikutnya, anda akan menemui jendela choose what to keep. Anda harus berhati-hati pada tahap ini, karena akan ada tiga pilihan yang tersedia. Pertama Keep Windows settings, personal files, and apps; kedua Keep personal files only; dan ketiga pilihan Nothing. Pastikan anda memilih opsi yang pertama. Selanjutnya, klik Next.
  • Tunggulah proses instalasi Windows 10 selesai dilakukan, komputer anda juga akan restart beberapa kali. Jika selesai maka akan muncul tulisan “Hi there, welcome back !”. Berikutnya pilih next. Jika anda sudah membuat password, maka masukkan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, jika terdapat jaringan wi-fi akan muncul pesan  let’s get connected. Anda bisa pilih skip this step jika tidak ingin terhubung dengan wi-fi. Selanjutnya, akan muncul jendela set up for you, so you can get going fast. Anda bisa pilih use express settings, dan tunggulah sampai prosesnya selesai dan berhasil upgrade ke Windows 10.

Apa Kelebihan Terbaru Di Windows 10 ?

Setelah anda memahami cara upgrade Windows 7 ke Windows 10, penting juga untuk mengetahui sejumlah fasilitas terbaru yang dimiliki.  Ada sejumlah kelebihan yang dimiliki sistem operasi terbaru ini, diantaranya sebagai berikut :

  • Tampilannya Gabungan Windows 7 Dan 8

Bisa dibilang, tampilan pada Windows 10 merupakan gabungan dari versi sebelumnya yaitu Windows 7 dan 8. Start menunya mirip pada versi Windows 7.

Selanjutnya, fungsi mode tablet pada Windows 8 juga dimiliki pada Windows 10 ini. Secara keseluruhan, dari sisi tampilannya jauh lebih ringkas, namun tidak membosankan dan terkesan canggih.

  • Fungsi Virtual Desktop

Kelebihan berikutnya di Windows 10 ialah memiliki fungsi virtual desktop. fasilitas ini cukup membantu Anda yang ingin menampilkan beberapa layar secara bersamaan, sesuai kebutuhan.

Caranya dengan tekan Windows+ctrl+D, agar menampilkan virtual desktop baru. Untuk mengakses yang sudah ada, bisa menekan Windows+tab.

  • Proses Booting Yang Lebih Cepat

Kelebihan selanjutnya dari Windows 10 adalah cepat dalam proses booting. Pada versi sebelumnya yaitu Windows 7, proses ini berjalan cukup lama, apalagi jika sudah banyak program terinstal.

Pada Windows 10 ini, akan jauh lebih cepat dan umumnya hanya butuh waktu 10 detik sejak menekan tombol power.

  • Browser Microsoft Edge

Kelebihan lainnya adalah pada sisi browser bawaan. Aksesnya jauh lebih cepat, dan jika anda ingin melakukan editing, tidak perlu lagi untuk membukanya secara copy paste di aplikasi lain. Anda bisa menekan tombol edit dan mencoret-coret halaman situs yang telah anda buka tersebut.

  • Fitur Asisten Pribadi

Windows 10 dilengkapi fitur asisten pribadi bernama Cortana. Mungkin, Jika di Smartphone mirip seperti Google asisten. Anda bisa memberikan berbagai perintah dengan suara saja.

Untuk mengaksesnya, Anda tidak perlu menekan tombol apapun dan cukup mengatakan “Hey Cortana”, lalu ucapkan apa yang ingin anda perintahkan.

Kesimpulannya, cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 sebenarnya cukup mudah dilakukan. Dengan perkembangan teknologi sekarang, Windows 10 akan lebih menunjang anda dalam memenuhi berbagai aktivitas yang menggunakan media komputer.

Kelebihan yang dimiliki sistem operasi terbaru ini juga akan lebih memanjakan anda.

Selesai sudah, itu tadi bahasan cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 yang tentu harapannya mempermudah langkah kamu yang ingin segera upgrade.

Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Tanpa Ribet 0 Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Tanpa Ribet 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *