Mengenal Tipe – tipe Prosessor Intel Laptop Tahun 2000-an

Mengenal Tipe – tipe Prosessor Intel Laptop Tahun 2000-an
Read Time:3 Minute, 39 Second

Apa itu processor? Processor merupakan salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk memproses data dan mengontrol sistem yang ada pada komputer. Processor juga sering disebut dengan otak komputer karena bekerja untuk melakukan perhitungan serta menjalankan perintah-perintah yang diperintahkan oleh pengguna komputer.

Salah satu  jenis processor bernama Intel. Intel adalah processor yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Intel Corporation. Selanjutnya akan kami jelaskan mengenai tipe – tipe processor Intel laptop.

Tipe – tipe Processor Intel Laptop Tahun 2000an

Processor Intel telah berkembang dan mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun. Di bawah ini, akan kami uraikan perkembangan tipe – tipe processor Intel laptop di era tahun 2000an.

Intel Pentium IV

Processor ini pertama kali diliris tahun 2000 dan memiliki kecepatan 1.5 GHz. Dengan perkembangannya, versi terbaru dari Pentium IV telah memiliki kecepatan hingga 3.06 GHz.

Processor ini dibuat dengan form faktor pin 432. Jumlah pinnya sebanyak 478, menggunakan register CPU 32 bit dan kecepatan berkisar antara 1.3 GHz sampai 3.8 GHz tergantung dengan variannya.

Intel Centrino

Processor ini dikeluarkan pada tahun 2003 dan dikenal juga dengan nama Pentium M. Processor ini merupakan perkambangan dari Pentium III dan IV. Incel Centrino memiliki jumlah transitor mencapai 14 juta dengan kecepatan berkisar antara 1.3 sampai 1.7 GHz (Pentium M Banias) dan 1.5 sampai 2.3 GHz (Pentium M Dothan).

Celeron D & M

Processor rilisan tahun 2004 ini merupakan generasi dari keluarga Intel Celeron. Celeron D digunakan pada motherboard yang memiliki soket PGA 478 dan sokel LGA 775 dan menggunakan CPU Register 32 Bit dan 64 Bit.

Sedangkan Celeron M dipasang pada motherboard yang memiliki soket PGA 478 dengan jumlah pin sebanyak 478. Kecepatan proses datanya sekitar 1.4 hingga 1.8 GHz dengan FBS 400-553 MHz dan hanya menggunakan CPU register 32 bit.

Pentium D dan Extreme

Kedua processor tersebut dirilis pada tahun 2005. Processor D berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah core. Processor D dapat beroperasi pada frekuensi 2.8 GHz dan 3.2 GHz selain itu processor ini memiliki fitur dukungan Hyper Threading.

Sedangkan Pentium Extreme menggunakan socket LGA 775 dan menggunakan CPU register 32 atau 64 dan memiliki bus 32 bit. Frekuensi kerjanya 3.2 sampai 3.7 GHz dengan kecepatan bus 800 MHz.

Baca Juga:   10 Laptop Asus dengan Prosesor Core i3 yang Cocok untuk Millennials

Intel Xeon, Core Solo, Core Duo, Core 2 Duo

Keempat processor tersebut dirilis pada tahun 2006. Intel Xeon adalah jenis processor yang dirancang khusus untuk server dikarenakan dapat melakukan komputasi dengan performa tinggi.  Intel Xon bekerja pada kecepatan 1.4 sampai 2.8 GHz.

Sedangkan Intel Core Solo adalah processor dengan single core yang pengembangannya mengacu pada Intel Centrino sehingga semua fitur yang ada pada core Solo sama dengan Intel Centrino.

Intel Core Duo merupakan bagian keluarga processor dual core mobile processor dan masih satu generasi dengan Intel Pentium M. Intel Core Duo menggunakan dua core lebih banyak dari Pentium M dan CPU registernya menggunakan 32bit dengan kecepatan mencapai 2.3 GHz.

Core 2 Duo adalah processor yang menggunakan dua core dan masing-masing corenya memiliki chache memory 32Kb. Soket yang digunakan berisi LGA dnegan jumlah pin 775.

Pentium dan Celeron Dual Core

Kedua processor ini dirilis pada tahun 2007 dan sama – sama bekerja pada arsitektur 64 bit. Intel Pentium dual core terbagi menjadi dua jenis yaitu processor dual core desktop dan dual core mobile. Sedangkan Celeron Dual Core adalah processor yang menggunakan sokel LGA 775 dengan jumlah pin 478 dan kecepatan proses datanya 1.8 sampai 2 GHz.

Intel Atom dan Core i7

Kedua processor tersebut rilisan tahun 2008 dan menggunakanCPU 32 dan 64 bit. Intel atom memiliki kecepatan proses data 1.6 GHz dan jumlah pinnya 437. Sedangkan Core i7 menggunakan chipset MCH merupakan varian processor paling tinggi samapi saat ini.

Core i5

Processor ini dirilis pada tahun 2009 dan menggunakan CPU 32 dan 64 bit tergantung dengan variannya. Core i5 memiliki fungsi Northbridge yang sudah tertanam di dalam core processor.

Core i3

Processor ini dirilis tahun 2010 dan memiliki kecepatan proses data yang lebih kecil ketimbang i7 dan i5. Core i3 memiliki kelebihan yaitu daya yang dipakai sangat rendah yaitu sekitar 35 Watt. Berikut ini ada beberapa laptop dengan prosesor Intel Core i3 yang bisa jadi alternatif jika Anda sedang memburu laptop baru.

Itulah tipe – tipe processor Intel laptop dari tahun ke tahun. Semoga dengan uraian di atas dapat membantu Anda untuk mengenal lebih dalam tentang tipe-tipe processor intel laptop.

Mengenal Tipe – tipe Prosessor Intel Laptop Tahun 2000-an 0 Mengenal Tipe – tipe Prosessor Intel Laptop Tahun 2000-an 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *