Apa Itu Search Engine Optimizer? Begini Penjelasan Dan Cara Singkatnya

0 0
0 0
Read Time:5 Minute, 1 Second

Apa itu Search Engine Optimizer? Sebuah komponen penting yang harus dikuasai seseorang terutama bagi mereka yang menekuni dunia penulisan artikel. Profesi ini memang sedang naik daun, karena kebutuhan perusahaan untuk promosi lebih mudah dan murah bila menggunakan jasa penulisan.

Era digital seperti saat ini, Google menjadi bahan utama. Tidak hanya digunakan sebagai perbincangan, pencarian, tetapi juga periklanan. Hal ini didasari oleh berkembangnya website dan semakin banyak orang menggunakan internet. Perlu diakui, mesin pencari ini menyimpan banyak informasi yang dibutuhkan.

Hal inilah yang bisa ditangkap dan jadi bahan baru dalam dunia marketing. Perusahaan besar mulai memanfaatkan berbagai kegiatan di dunia maya sebagai metode menawarkan produk atau jasa. Setelah media sosial, seperti Instagram, Youtube, Facebook, Twitter, sekarang ada Google. Bagaimana cara kerjanya?

Apa Itu Search Engine Optimizer? Begini Penjelasan Dan Cara Singkatnya

Cukup mudah, buat website, buat artikel, kemudian tawarkan produk anda disana dengan metode soft selling. Jadi, cara berjualan tidak lagi langsung memberikan penawaran, melainkan memberi apa yang dibutuhkan pembaca, kemudian mengajak mereka menggunakan barang Anda.

Berhasil atau tidaknya dipengaruhi oleh Search Engine Optimizer ini. Bahkan, pengaruhnya bisa mencapai 100%. Pengaruh ini bisa berakibat baik pada perusahaan Anda. Terutama soal penjualan serta pengenalan usaha. Semakin sering pengguna mengunjungi situs Anda, semakin sering mereka melihat apa yang sedang dijual.

Apa itu Search Engine Optimizer?

Dari Ilustrasi diatas bisa diambil sebuah kesimpulan bahwa pengertian dari komponen ini adalah usaha agar situs website Anda berada di peringkat teratas. Tujuannya agar  pengunjung, sehingga menciptakan trafik. Kemudian, secara perlahan mencapai tujuan utama website ini dibuat.

Tetapi, untuk mendapatkan trafik ini harus mematuhi berbagai aturan yang sudah diberikan Google. Bahkan, hampir setiap tahun selalu diperbaharui. Perlu diketahui bahwa Google sering menggunakan aktivitas dan cara memperlakukan mesin pencari ini. Agar tingkat kenyamanan pengguna semakin bertambah.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya sejak sekarang Anda mengetahui cara kerja dari komponen ini. Mulai dari algoritma yang jadi indikator utama secara acuan bagi para penulis. Untuk memahaminya tidak terlalu sulit, hanya perlu kesabaran dalam melakukan riset serta latihan terus .

Konten

Apa itu Search Engine Optimizer? Merupakan komponen penting yang harus ada dalam sebuah konten atau artikel yang ditulis. Bisa diibaratkan SEO ini adalah sebuah mobil, bisa jalan harus menggunakan kunci dan mengetahui cara mengemudi yang baik. Dari ilustrasi diatas mobil adalah konten. Sementara, kunci adalah SEO.

Cara kerjanya seperti ini, artikel yang sudah di upload akan diteliti terlebih dulu apakah sesuai dengan ketentuan atau tidak. Bila iya, konten ini akan dipromosikan oleh Google melalui mesin pencari. Saat Anda menulis satu kata yaitu Jogja, muncul beberapa situs. Biasanya, disesuaikan dengan aktivitas pengguna.

Apa Itu Search Engine Optimizer? Begini Penjelasan Dan Cara Singkatnya

Bila, setiap akses Google selalu mencari situs wisata, maka akan muncul rekomendasi bacaan mengenai wisata, begitu pula topik lainnya. Bila, sesuai kaidah yang berlaku biasanya sebuah web akan menduduki peringkat pertama. Secara psikologis, urutan pertama akan jadi sasaran utama untuk dibuka dan dilihat isinya.

Topik, Tema dan Isi

Agar bisa jadi nomor satu dan direkomendasikan Google Anda harus bisa menulis sebuah konten menarik. Salah satunya adalah gaya bahasa. Menulis bisa diartikan sebagai cara berbicara menggunakan tulisan. Jadi, usahakan cara penyampaiannya mudah dipahami, enak untuk dibaca, dan tidak mudah bosan.

Dalam artikel Anda juga harus mengetahui bagaimana kesesuaian tema dan isi. Hal ini berpengaruh pada kinerja SEO. Cara mudah memahaminya seperti ini, Anda membuat roti isi strawberry. Bukan menggunakan selai, melainkan buah-buahan yang dijus. Siapa yang akan membelinya lagi?

Begitu pula sebuah tulisan, bila tidak sesuai tema dan isinya akan ditinggalkan oleh pembaca. Semakin banyak yang meninggalkan, semakin sulit engine ini bekerja maksimal. Tidak perlu menggunakan gaya bahasa indah, cukup mudah dimengerti dan tidak seperti berita masa kini. Judul dan dalamnya berbeda jauh.

Judul

Bagian lain yang harus Anda perhatikan adalah Judul. Wajib diberi perhatian khusus, karena awal mula membaca adalah headline. Harus membuatnya menarik, usahakan mengandung unsur yang membuat orang penasaran. Jangan pula provokatif karena jatuhnya adalah Hoax. Perlu diingat terkadang orang hanya senang baca bagian atas artikel ini.

Mereka tidak mau melanjutkannya, karena sudah mengetahui keseluruhan isi. Sebagai contoh, UU  Hapus Pesangon, hal ini memang menarik tetapi bisa menimbulkan kekacauan. Beberapa pembaca biasanya sudah bisa membaca arah tulisan ke politik dan mendukung salah satu.

Kenyataannya, isinya pun berbeda jauh. Anda akan rugi bukan, walaupun kontroversi seperti ini cukup menjual. Tetapi, sebagai pemberi informasi lebih baik menggunakan teknik yang lebih santun. Untuk membuatnya, memang sulit, tetapi bukan tidak mungkin bila disertai dengan terus belajar.

Usahakan membuat Judul di langkah terakhir. Karena, pada bagian ini merupakan rangkuman singkat yang memberikan petunjuk pada pembaca. Sebagai contoh, menu makanan untuk diet. Seharusnya, seluruh pembahasannya harus seputar menu makanan dan lebih spesifik untuk diet bukan lainnya agar tulisan Anda bisa dibaca lagi dan lagi.

Keyword

Apa itu Search Engine Optimizer? Sebuah komponen yang tidak akan lepas dari marketing digital. Agar menjadi mahir dan mampu membuat tulisan sesuai standar Google. Anda harus  mengetahui apa itu keyword atau kata kunci. Dalam tulisan ini pun punya kata kunci yang disematkan di beberapa paragraf.

Fungsi penggunaan satu hingga tiga atau bahkan lebih kata ini merupakan kata yang sering dicari oleh banyak orang. Contohnya seperti ini, saat ada dua makanan dari restoran berbeda. Satu sudah cukup terkenal, lainnya baru berdiri. Secara psikologis, pasti orang banyak memilih restoran terkenal.

Apa Itu Search Engine Optimizer? Begini Penjelasan Dan Cara Singkatnya

Dengan berbagai alasan mereka. Sama halnya dengan Search Engine Optimizer ini. Menggunakan kata yang sudah banyak dikenal membuat semua orang memilih membaca konten Anda. Contoh, wisata di Jogja merupakan hal umum dan hampir semua tulisan menyelamatkannya.

Terkadang Anda bingung, mau mencari kawasan yang indah di Jogja apa saja. Dengan singkat, pasti kata yang tertulis adalah wisata di Jogja. Jadi, saat melakukan riset atau mencari keyword apa yang tepat, usahakan sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan Anda. Hal sekecil ini juga jadi penilaian tersendiri.

Penempatan

Menempatkan kata kunci tidak boleh sembarangan. Ada teknik tertentu, seperti pada bagian judul, paragraf pertama, serta paragraf terakhir. Penggunaannya bisanya 1,5% dari total kata. Jangan ditumpuk usahakan menyebarnya agar engine tidak memasukkannya sebagai sampah,  sehingga kinerjanya kurang maksimal.

Apa itu Search Engine Optimizer? Merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dunia menulis. Cara memahaminya cukup mudah, seperti konten, judul, hingga keyword. Bahkan, untuk risetnya sendiri tidak memerlukan waktu lama. Sudah siap menjadi penulis artikel selanjutnya? Cukup menjanjikan bila bisa rutin dan tekun.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %