Tutorial Cara Menghilangkan Garis Merah di Word Tanpa Ribet

0 0
0 0
Read Time:5 Minute, 18 Second

Meskipun sebenarnya mudah, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menghilangkan garis merah di Word dengan tepat.

Padahal, meski terlihat sepele bagi beberapa orang keberadaan garis-garis berwarna merah atau hijau yang selalu muncul saat mengetik bisa sangat mengganggu konsentrasi. Jika Anda tertarik untuk menghilangkannya sebaiknya perhatikan tutorial di bawah ini.

Cara menghilangkan garis merah di word melalui setting

Tutorial Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word Tanpa Ribet

Sebenarnya ada 2 cara untuk menghilangkan garis-garis tersebut. Baik garis berwarna merah maupun garis yang berwarna hijau. Salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan menu setting atau pengaturan. Caranya juga cukup sederhana dan mudah. Siapapun bisa melakukannya bahkan jika Anda termasuk orang yang masih awam dalam hal komputer sekalipun.

Langkah pertama adalah dengan membuka menu setting. Anda hanya perlu membuka file yang ingin dihapus garis-garisnya lalu tekan menu File pada pojok kiri atas layar komputer Anda. Setelah muncul berbagai pilihan, klik menu Option di bagian bawah.

Langkah selanjutnya adalah menghapus fungsi auto detect spelling dan grammar di komputer Anda. Pertama-tama, Anda harus memilih sub menu proofing yang ada di menu Option sebelumnya. Hilangkan tanda centang pada kolom check spelling as you type agar garis-garis merah yang ada di Ms.Word hilang.

Namun, jika Anda hanya ingin menghapus garis-garis hijau saja maka Anda hanya perlu menghilangkan tanda centang pada kolom mark grammar error as you type maka secara otomatis garis-garis hijau yang biasa muncul di ms. word akan hilang.

Cara menghilangkan garis merah di word melalui review

Tutorial Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word Tanpa Ribet

Selain lewat menu setting, cara lainnya adalah dengan menggunakan menu review. Jika dengan cara pertama Anda bisa memilih ingin menghilangkan garis-garis warna merah atau warna hijau maka dengan cara ini Anda bisa menghapus kedua jenis garis tersebut sekaligus.

Dibandingkan cara pertama, cara ini dinilai lebih efisien waktu dan mudah karena step-step yang dilakukan terbilang lebih sedikit.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeblok semua kata atau kalimat yang ingin Anda hilangkan garis-garis merahnya. Jika Anda ingin menghapus semua garis dalam file tersebut sebaiknya gunakan fungsi Alt+A untuk menghemat waktu.

Selanjutnya Anda buka menu Review yang terletak dibagian atas menu bar kemudian pilih menu Language dan selanjutnya Set Language Proofing. Terakhir, Anda hanya perlu menghilangkan tanda centang pada kolom Do Not Check Spelling or Grammar agar garis-garis merah dan hijau yang biasa muncul hilang seluruhnya.

Baca Juga:   Cara Membuat Footnote di Word untuk Windows dan Mac. Wajib Tahu!

Cara menghilangkan garis merah di word 2010 dan dibawahnya

Tutorial Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word Tanpa Ribet

Perlu Anda ketahui, kedua cara diatas hanya berlaku untuk komputer yang sudah menggunakan Ms.Word 2016 saja. Meskipun begitu, bukan berarti garis-garis merah dan hijau yang ada di Ms. Word versi lawas tidak bisa dihilangkan sama sekali.

Jika komputer Anda masih menggunakan versi lama seperti Ms. Word 2010 atau malah di bawahnya maka Anda perlu cara lain karena Anda tidak akan bisa menghilangkan garis-garis merah dan hijau melalui menu Setting dan Review saja.

Jika Anda ingin menghilangkan garis-garis tersebut langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka file yang ingin Anda hapus garis-garis merah dan hijaunya. Selanjutnya, Anda harus menekan tombol Office yang ada di bagian pojok kiri atas layar komputer Anda.

Jika sudah muncul jendela Office, Anda bisa melihat berbagai pilihan menu yang ada. Klik pilihan Word option jika Anda ingin menghilangkan garis-garis merah di file Anda.

Untuk langkah selanjutnya, pilih menu Proofing hingga muncul beberapa menu pengaturan. Pada bagian ini, Anda langsung saja hilangkan tanda centang pada Check spelling as you type dan Grammar error as you type. Setelah menghilangkan tanda centang tersebut selanjutnya Anda bisa menekan OK untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.

Sebelum menghilangkan garis-garis merah dan hijau

Tutorial Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word Tanpa Ribet

Sebelum Anda menghilangkan garis-garis yang dianggap mengganggu tersebut ada baiknya jika Anda mengetahui fungsi dan manfaatnya lebih dulu. Sama seperti fitur-fitur lain di Ms. Office, keberadaan garis-garis tersebut jelas ada kaitannya dengan tulisan yang Anda ketik.

Biasanya lebih menjurus pada tata bahasa yang digunakan. Namun, sayangnya hampir semua fitur tersebut hanya mendukung untuk penulisan dengan Bahasa Inggris saja. Oleh karena itu, Anda yang lebih sering mengetik dalam Bahasa Indonesia jelas tidak terlalu membutuhkan fitur tersebut.

Sebenarnya garis-garis merah dan hijau yang bisa muncul saat Anda menulis di Ms.Word akan sangat berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa yang Anda lakukan saat mengetik.

Garis-garis merah sebenarnya memiliki fungsi untuk mengecek ejaan setiap kata yang Anda ketik di Ms.Word sehingga fungsi ini akan sangat berguna untuk menghindari kesalahan ejaan atau typo jika Anda mengetik dalam Bahasa Inggris.

Sementara itu, garis-garis hijau meskipun cukup jarang muncul di Ms.Word  justru sebenarnya memiliki fungsi yang jauh lebih rumit. Garis-garis ini bisa mendeteksi kesalahan tata bahasa atau grammar Bahasa Inggris dari kalimat yang Anda ketik di Ms.Word.

Fungsi inilah yang sebenarnya menjadi kelebihan Ms. Office dibandingkan dengan program lain yang serupa. Bahkan, jika Anda perhatikan fungsi koreksi ini juga akan aktif secara otomatis saat Anda mengubah file PDF menjadi file Word.

Baca Juga:   Cara Mengubah Word ke PDF dengan HP, Online dan Word

Namun karena fitur tersebut hanya berlaku untuk kata atau kalimat Bahasa Inggris saja. Maka garis-garis tersebut jelas akan sering muncul ketika Anda menulis dalam Bahasa Indonesia meski Anda tidak melakukan kesalahan apapun.

Hal ini jelas akan sangat mengganggu konsentrasi saat menulis. Oleh sebab itu, dibandingkan dengan menghapus garis-garis tersebut Anda sebaiknya mengganti setting bahasa yang Anda gunakan di Ms. Word.

Cara melakukannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengklik tombol Toolbar review dan pilih menu Language. Di menu tersebut Anda akan menemukan banyak sekali pilihan bahasa namun sayangnya Bahasa Indonesia kemungkinan belum tersedia sehingga Anda harus mendownloadnya lebih dulu.

proses pengunduhannya juga termasuk mudah, Anda hanya perlu mengetiknya di Google Indonesia proofing tools office 2016 agar Anda langsung diarahkan ke situs download yang dicari. Terakhir, Anda hanya tinggal mengklik 2 kali pada hasil unduhan Anda kemudian konfirmasi setuju untuk memulai proses install program tersebut.

Meskipun bagi sebagian orang keberadaan garis-garis tersebut bisa mengganggu namun jika Anda termasuk orang yang sering melakukan kesalahan saat mengetik terutama saat mengetik dengan cepat dalam Bahasa Inggris maka sebaiknya Anda tidak menghilangkan fitur tersebut.

Meskipun saat ini sudah tersedia banyak aplikasi serupa tapi hampir semuanya membutuhkan koneksi internet.  Berbeda dengan fitur bawaan pada Ms.Word ini, Anda tidak perlu terkoneksi dengan internet untuk menggunakannya.

Selain itu, fitur tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis. Meski fitur tersebut terkadang kurang efektif namun sudah lebih dari cukup bagi Anda yang tidak terlalu sering menulis dalam Bahasa inggris. Adapun cara menghilangkan garis merah di Word bisa Anda gunakan jika Anda tidak memerlukan fitur tersebut.

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%