Cara Membuat Stiker di WA dengan Foto Sendiri, Gampang Banget!

Cara Membuat Stiker di WA dengan Foto Sendiri
Read Time:5 Minute, 11 Second

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi messenger yang sedang sangat terkenal saat ini. Penggunanya pun dari berbagai usia, mulai dari generasi X, Millennials, bahkan generasi Z pun tidak ketinggalan berlomba-lomba menggunakan WhatsApp.

Tapi, stiker yang ditawarkan dari WhatsApp official sangat membosankan dan tidak menarik. Berbeda dengan pesaingnya seperti LINE dan Telegram yang memiliki banyak sekali stiker.

Tapi, tahukah Anda kalau Anda bisa membuat stiker WhatsApp Anda sendiri? Bisa menggunakan foto Anda sendiri loh, agar stiker menjadi tampak lebih unik dan menarik. Bahkan, Anda juga bisa membuat stiker WhatsApp bergerak, loh! Wah, bagaimana ya cara membuat stiker di WA? Simak di sini untuk cara-caranya!

Cara Membuat Stiker di WA Menggunakan Aplikasi, Mudah dan Cepat!

Cara Membuat Stiker di WA dengan Foto Sendiri

Dalam membuat stiker untuk WhatsApp, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store? Kenapa aplikasi? Sebab, bila Anda hendak membuat stiker manual, mengunggahnya di WhatsApp secara resmi, dan lain sebagainya, Anda harus memahami coding. Sedangkan dengan aplikasi, akan jauh lebih simpel tanpa membutuhkan kemampuan khusus.

Mengunduh Aplikasi-Aplikasi Pembuat Stiker WhatsApp

Anda bisa memulai dengan mencari aplikasi-aplikasi pembuat stiker WhatsApp di Google Play Store ponsel Anda. Ada banyak aplikasi pembuat stiker WhatsApp seperti Personalized Sticker, Sticker For WhatsApp, Silakan pilih yang ratingnya paling tinggi atau tidak ada iklan di dalamnya. Unduh aplikasi dan tunggu hingga aplikasi terinstal.

Memfoto Diri Sendiri dengan Berbagai Gaya

Sembari menunggu aplikasi terunduh, Anda bisa nyambi kegiatan dengan melakukan sesi ‘photoshoot’ untuk bentuk-bentuk karakter yang diinginkan. Seperti pose melambaikan tangan, pose bosan, pose ngambek, pose mengajak jalan-jalan dan lain sebagainya.

Tips pada saat berfoto adalah mencari ruangan dengan dinding polos dan Anda menggunakan pakaian yang warnanya berbeda dengan warna background.

Nantinya hal ini akan sangat berguna dalam hal editing. Namun, bila Anda tidak bisa mencari background polos, maka tidak apa-apa. Anda bisa mengakalinya.

Membuka Laman Utama Aplikasi dan Unggah Foto Untuk Cover Sticker Pack

Bila aplikasi sudah terunduh, Anda bisa mulai membuka aplikasi tersebut. Masuk ke halaman utama aplikasi. Bila aplikasi yang Anda pilih sederhana, Anda bisa langsung dihadapkan di panel kumpulan sticker pack. Namun, karena Anda masih baru, Anda belum punya kumpulan sticker pack.

Pertama-tama, Anda unggah foto dari galeri ponsel Anda. Bisa dengan klik tombol plus (+) atau logo kamera. Kebanyakan aplikasi menggunakan kedua simbol ini, jadi Anda tidak perlu khawatir. Bila sudah, Anda pilih satu gambar yang Anda paling suka sebagai cover sticker pack.

Unggah foto dan Anda akan masuk ke laman edit stiker. Crop gambar menjadi kotak dan jadikan cover sticker pack. Lalu, dilanjutkan dengan langkah berikutnya.

Membuat Stiker di Sticker Pack

Membuat stiker membutuhkan kesabaran, apalagi bila Anda ingin membuat dalam jumlah banyak. Karena, Anda harus membuat stiker satu persatu. Pertama-tama, Anda bisa memilih opsi untuk membuat stiker yang baru di sticker pack Anda.

Kemudian, Anda akan dihadapkan pilihan kamera atau galeri. Bila Anda sebelumnya sudah berfoto, Anda tinggal pilih opsi ambil foto dari galeri. Karena lebih simpel, cepat, dan praktis daripada berfoto.

Ini sebabnya penting berfoto-foto terlebih dulu sebelumnya membuat stiker. Unggah foto dari galeri. Tunggu beberapa detik dan Anda bisa mulai mengedit foto menjadi desain stiker yang Anda inginkan.

Mengedit Stiker Sesuai Keinginan

Anda bisa mengedit stiker sesuai keinginan. Misalnya seperti ini: Bila berfoto, umumnya hasil fotonya akan persegi atau persegi panjang. Supaya lebih menarik, Anda bisa meng-crop foto menjadi mengikuti pose Anda. 

Caranya dengan klik crop atau simbol gunting. Dan carilah tombol yang mengizinkan untuk crop foto mengikuti pose. Hasilnya akan menjadi lebih menarik.

Nah, bila Anda menggunakan background polos seperti yang sudah disarankan sebelumnya, Anda akan mendapatkan banyak kemudahan dengan cara ini.

Anda bisa memilih opsi magic crop/automatic crop dan dengan sendirinya, aplikasi tersebut akan menghapus background Anda sehingga tinggal Anda berpose. Simpel, kan?

Anda bisa membuat stiker menjadi lebih menarik dengan menempelkan kata-kata di sebelah pose. Misalnya, bila Anda berpose melambaikan tangan, Anda bisa menambahkan kata-kata “Hai!” atau sejenisnya.

Pun misalnya bila Anda berpose kesal, Anda bisa menambahkan kata-kata “Huuh, sebal!” Stiker pun akan terlihat lebih unik, hidup, dan lucu.

Di beberapa aplikasi, Anda bahkan bisa mengedit stiker ditambahkan dengan pop up emoticon, atau aksesoris-aksesoris lainnya. Anda bisa berkreasi sekreatif mungkin untuk membuat desain stiker keinginan Anda.

Jangan Lupa Simpan Stiker yang Sudah Anda Edit

Bila sudah selesai mengedit foto menjadi stiker, Anda jangan lupa menyimpan stiker tersebut, Klik tombol save/simpan/logo berbentuk disket. Stiker akan tersimpan ke sticker pack Anda. Tapi, bila Anda ingin mengirim stiker tersebut ke WhatsApp Anda, Anda harus mengekspor terlebih dulu.

Caranya mudah, di beberapa aplikasi anda hanya perlu klik save sticker to WhatsApp/Simpan Stiker ke WhatsApp. Bila sudah selesai, maka sticker pack ala Anda sudah siap digunakan di WhatsApp! Mudah dan menyenangkan bukan?

Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Stiker WhatsApp

Cara Membuat Stiker di WA dengan Foto Sendiri

Nah, bila Anda sudah mengetahui cara membuat stiker WhatsApp, namun masih bingung karena belum dapat aplikasi yang ideal, kami akan menyarankan 4 aplikasi pembuat stiker WhatsApp yang terbaik di PlayStore untuk Anda.

Sticker Maker

Aplikasi pertama adalah Sticker Maker, dengan logo hijau berupa pulpen yang sedang mengarah ke kertas. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling diandalkan orang untuk membuat stiker di WhatsApp.

Hal itu dikarenakan tampilannya yang sederhana, simpel, tidak bertele-tele dan tanpa iklan. Per sticker pack, Anda bisa membuat hingga 20 stiker whatsapp custom punya Anda sendiri.

Sticker Studio

Sama seperti sebelumnya, sticker studio juga banyak digunakan karena simpel, sederhana, dan tidak terlalu banyak iklan. Sekarang, pengunduh aplikasi ini mencapai hingga 5 juta orang loh!

Personal Sticker for Android

Aplikasi selanjutnya adalah Personal Sticker for Android. Personal Sticker for Android ini bahkan lebih terkenal daripada dua aplikasi sebelumnya, dengan pengunduh mencapai 10 juta orang.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah, bila Anda membuat stiker, aplikasi ini bisa menscan stiker Anda dan kemudian menawarkan stiker-stiker lain yang serupa dengan stiker yang Anda buat.

Wemoji

Wemoji juga merupakan salah satu aplikasi pembuat stiker yang sangat sederhana karena fungsinya benar-benar hanya untuk membuat stiker. Tampilannya pun sangat simpel tanpa banyak fungsi sampingan. Tapi, aplikasi ini justru mendapat rating 4.7 di Google Play Store karena kesederhanaannya. Wah, bagus ya!

Nah, itu dia langkah-langkah cara membuat stiker di WA yang Anda harus terapkan untuk membuat stiker yang menarik, dan juga 4 aplikasi yang kami sarankan bagi Anda.

Cara Membuat Stiker di WA dengan Foto Sendiri, Gampang Banget! 0 Cara Membuat Stiker di WA dengan Foto Sendiri, Gampang Banget! 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *