20 Kamera Mirrorless Terbaik 2019, Cocok untuk Vlogger Pemula dan Expert

20 Kamera Mirrorless Terbaik 2019, Cocok untuk Vlogger Pemula dan Expert
Read Time:11 Minute, 12 Second

Berbagai pabrikan kamera ternama seperti Sony, Panasonic, dan Fujifilm seakan berlomba-lomba menghadirkan kamera mirrorles terbaik 2019. Bukan hanya itu saja, bahkan akhir-akhir ini, produsen kamera legendaris seperti Nikon dan Canon pun mulai tertarik untuk memproduksi jenis kamera mirrorless berkualitas tinggi.

Oleh sebab itu, tidak peduli apakah Anda merupakan seorang fotografer profesional, fotografer amatir ataupun bahkan hanya sekadar penggemar fotografi yang baru ingin memperdalam pengetahuan seputar fotografi, sebaiknya Anda menyimak ulasan singkat mengenai cara memilih kamera mirrorless dan deretan kamera mirrorless terbaik yang dirilis pada tahun 2019 ini.

Cara Memilih Kamera Mirrorless Terbaik 2019

Pada dasarnya, secara umum pasar kamera mirrorless itu terbagi menjadi 2 yaitu, pasar untuk pemula dan fotografer amatir serta pasar untuk fotografer yang lebih mahir dan sudah profesional.

Kebanyakan model kamera mirrorless yang tersedia di pasaran tidak memiliki viewfinders (jendela bidik), namun Anda masih punya kesempatan untuk mengganti lensa serta membuat Anda dapat menggunakannya secara manual sepenuhnya, sehingga keterampilan sebagai fotografer pun akan semakin terasah meskipun kamera yang digunakan adalah kamera mirrorless.

Sementara itu, ada juga kamera mirrorless yang desain serta kemampuannya lebih canggih bahkan menyerupai DSLR dengan desain yang lebih mungil dan ramping. Perbedaan utama yang paling mencolok adalah, pada kamera mirrorless yang lebih canggih itu terdapat jendela bidik elektronik bukan optik.

Seiring dengan berjalannya waktu, pasar kamera mirrorles semakin berkembang pesat, terbukti dari semakin banyaknya pilihan fitur canggih dan menarik, termasuk mampu merekam video dengan tampilan gambar yang sangat jernih berkualitas 4K, bahkan ada salah satu kamera mirrorless terbaik 2019 besutan pabrikan Panasonic yang mampu merekam video dengan kualitas 6K.

Bukan hanya itu saja, kecanggihan fitur yang disematkan pada kamera mirrorless, masih ada beberapa fitur menarik lainnya, diantaranya seperti layar bisa dimiringkan sehingga memudahkan Anda untuk melakukan selfie, tersedia fitur bluetooth dan wifi sehingga memudahkan Anda untuk membagikan foto baik itu ke perangkat lain ataupun langsung ke akun sosial media.

Selain beragam fitur menarik, kamera mirrorless juga dibedakan menjadi 3 pilihan ukuran sensor, yaitu Four-Thirds, APS-C dan Full Frame. Jika dulu sensor CSC berukuran 1 inci cukup populer, namun sekarang masa kejayaannya seakan sudah mulai sirna berkat adanya ukuran sensor yang lebih mudah digunakan dalam kamera compact dengan lensa yang tetap berkualitas premium.

Daftar 20 Kamera Mirrorless Terbaik 2019

Nikon Z6

Nikon Z7 mungkin memiliki spesifikasi yang lebih mengesankan, tetapi jika Anda mencari model kamera yang dilengkapi dengan ukuran sensor full-frame beresolusi 24,5 MP dan dengan harga lebih terjangkau, maka Z6 adalah salah satu kamera mirrorless terbaik 2019 di dunia saat ini.

Kamera Mirrorles Terbaik 2019 - Nikon Z6

Selain dibekali dengan sensor full-frame, Nikon Z6 ini juga kaya dengan beragam fitur mengesankan, diantaranya seperti kemampuan memotret dengan kecepatan hingga 10fps, kemampuan merekam video berkualitas 4K, hingga terdapat pula fitur stabilisasi 5-axis image agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih tajam.

Sony A9

Berhasil mengubah pola pikir pengguna Nikon dan Canon yang gemar menggunakan kamera profesional DSLR yang tangguh, tentunya Sony A9 termasuk kamera yang dibekali dengan teknologi mengesankan.

Baca Juga:   Perbedaan Mirrorless dan Dslr yang Wajib Anda Ketahui
20 Kamera Mirrorless Terbaik 2019, Cocok untuk Vlogger Pemula dan Expert
Credit to PCMag.com

Spesifikasi tangguh yang disematkan ke dalam Sony A9, antara lain seperti sensor berukuran 35mm full frame lengkap dengan resolusi sebesar 24MP, seperti kemampuan memotret dengan kecepatan hingga 20fps, kemampuan merekam video berkualitas 4K, hingga terdapat pula fitur stabilisasi 5-axis image agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih tajam. Sayangnya, harga kamera ini tergolong sangat mahal apalagi jika dibandingkan dengan kamera mahal lainnya, kapasitas baterai Sony A9 ini cukup kecil.

Canon EOS R

Canon dan Nikon memang dikenal memiliki persaingan ketat, sehingga tidak mengejutkan jika Canon juga merilis kamera mirrorless tidak begitu lama setelah Nikon merilis produk kamera mirrorless buatannya.

Berbicara mengenai produk kamera ini, tampilan dan nuansa EOS R terlihat seperti Canon klasik, tetapi ada beberapa tambahan yang berguna, seperti bilah layar sentuh yang multi fungsi dan dapat disesuaikan. Layar bukan hanya peka terhadap sentuhan, tetapi juga mampu mengartikulasikan untuk pemotretan praktis dari segala macam sudut.

Kamera Mirrorles Terbaik 2019 - Canon EOS R

Sementara itu, kualitas gambar yang dihasilkan juga sangat fantastis, berkat adanya sensor berukuran full-frame  dengan resolusi 30,3MP, selain itu juga mampu memotret dengan kecepatan 8fps.

Sayangnya, ada beberapa kekurangan dari kamera ini, misalnya seperti tidak dilengkapi dengan fitur stabilisasi 5-axis image, kualitas video yang dihasilkan sebatas 4K (cropped) dan hanya memiliki satu slot kartu SD.

Panasonic S1R

Setelah bertahun-tahun memuji keunggulan sistem sensor berukuran micro four thirds yang sangat kecil, Panasonic mulai memproduksi kamera dengan menggunakan sensor berukuran full-frame, menggabungkan kekuatan dengan Leica dan Sigma untuk membentuk “aliansi L Mount”.

Kamera Mirrorless Terbaik Panasonic S1R
Credit: Trustedreviews.com

Ada dua model yang diluncurkan dari Panasonic – S1 dan S1R, model yang disebutkan terakhir mampu menampilkan sensor resolusi lebih tinggi, berukuran 47,3MP. Selain dibekali dengan sensor lebih besar, Panasonic mempersenjatai kamera besutannya itu dengan spesifikasi canggih dan beragam fitur menarik lainnya, seperti menghasilkan video berkualitas 4K dan juga memungkinkan Anda memotret pada kecepatan 9fps.

Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur fitur stabilisasi 5-axis image agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih tajam serta adanya dua slot kartu microSD. Sayangnya, untuk ukuran kapasitas baterai, Panasonic S1R ini terbilang cukup kecil baterainya.

Nikon Z7

Dengan sensor berukuran full frame beresolusi 45,7 MP, sistem AF 493, layar sentuh berukuran 3,2 inci dan jendela bidik (viewfinder) yang menakjubkan, Nikon Z7 adalah salah satu kamera mirrorless terbaik 2019 yang ada di pasaran saat ini, bahkan kamera ini terlihat dan terasa seperti DSLR dengan ukuran yang lebih kecil.

Nikon membekali kamera ini dengan beragam fitur canggih dan menarik, diantaranya seperti kemampuan memotret dengan kecepatan mencapai 9fps, kemampuan merekam video berkualitas 4K, hingga terdapat pula fitur stabilisasi 5-axis image agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih tajam.

Olympus OM-D E-M1X

Olympus membekali produk kamera mirrorlessnya ini dengan spesifikasi canggih meliputi, sensor berukuran four thirds dengan resolusi sebesar 20,4MP, kemampuan memotret dengan kecepatan mencapai 60fps, kemampuan merekam video berkualitas 4K, hingga terdapat pula fitur stabilisasi 5-axis image agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih tajam, serta tak ketinggalan kemampuan fitur autofocusnya yang mengesankan.

Fujifilm GFX 50R

Fujifilm GFX 50R ini dipersenjatai dengan sensor berukuran medium format yang memiliki resolusi sebesar 51,4MP Namun, sayangnya spesifikasi kamera ini jika dibandingkan dengan kamera mirrorless lainnya kurang gahar. Kamera ini hanya mampu merekam video dengan kualitas Full HD, kemampuan memotretnya pun kurang cepat sebab kecepatannya hanya 3fps dan tidak dilengkapi pula dengan fitur stabilisasi 5-axis image.

Baca Juga:   Perbedaan Mirrorless dan Dslr yang Wajib Anda Ketahui

Fujifilm X-T3

Salah satu pilihan kamera mirrorless terbaik 2019 ini merupakan produk besutan Fujifilm yang desainnya terlihat manis dengan sentuhan gaya retro. Fujifilm menyematkan sensor berukuran  APS-C kedalam kamera berjuluk Fujifilm X-T3 ini, dengan demikian penggunanya tidak perlu membawa lensa dan beragam aksesori berat lainnya.

Selain mampu menghasilkan hasil jepretan yang indah, masih ada beragam keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Fujifilm X-T3 ini, diantaranya seperti fitur autofocus yang keren, frame rate yang cepat, serangkaian fitur video 4K yang mengesankan dan tentu saja tampilan desain kamera yang menawan.

Sementara itu, untuk kekurangannya terletak pada sektor baterainya yang seharusnya bisa lebih ditingkatkan lagi dan layar yang hanya bisa dimiringkan hingga 3 arah saja.

Canon EOS RP

Kamera mirrorless buatan Canon ini bisa dipastikan mampu menghasilkan kualitas gambar terbaik, ditambah pula dengan hadirnya fitur video yang mampu merekam  dan menghasilkan tampilan gambar 4K.

Meskipun demikian, masih ada beberapa kelemahan yang ditemukan dari kamera ini, diantaranya seperti frame rate yang tergolong rendah (5fps) dan terdapat pula sedikit masalah pada lensa RF serta kapasitas baterai yang juga cukup kecil.

Namun, jika Anda ingin memiliki kamera mirrorless merek Canon dengan harga yang lebih terjangkau, maka Canon EOS RP ini perlu Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Sony A6500

https://www.youtube.com/watch?v=xf0_oayVJXk

Salah satu kamera mirrorless terbaik 2019 yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Bukan hanya karena harganya yang relatif murah, tetapi karena rentang spesifikasi yang bisa Anda dapatkan untuk uang yang Anda keluarkan itu termasuk cukup setimpal.

Kamera ini dilengkapi dengan kemampuan memotret 11fps, resolusi 24MP dan fitur stabilisasi 5-axis image agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih tajam. Selain itu juga tersedia fitur video berkualitas 4K dan layar kamera yang dapat dimiringkan hingga tingkat kemiringan ekstrim.

Fujifilm X-T30

Fujifilm mempromosikan penggunaan sensor berukuran APS-C ke dalam produk kamera buatannya seakan-akan ingin menyatakan bahwa kamera ini bentuk penggabungan antara kualitas gambar yang tinggi dapat berasal dari kamera yang berukuran mungil dan ringan sehingga lebih nyaman untuk dibawa kemana-mana termasuk untuk travelling.

Pada dasarnya, jika dilihat dari jeroannya, maka Fujifilm X-T30 ini serupa dengan kakaknya, Fujifilm X-T3 sebab menggunakan kombinasi prosesor dan sensor yang sama, begitu pula dengan kemampuan autofocus dan kapabilitas frame ratenya.

Meskipun demikian, karena dari segi harga, X-T30 lebih murah daripada X-T3 maka ada beberapa sisi kekurangannya, yaitu kemampuan buffer yang lebih terbatas, hanya tersedia satu slot kartu, kurang memiliki kontrol tubuh, dan penempatan tombol Q untuk mengakses menu cepat pada kamera ini letaknya ada di bagian genggaman kamera sehingga mudah tersentuh tangan.

Panasonic Lumix GX9

Kamera mirrorless terbaik 2019 ini sangat cocok untuk digunakan ketika travelling, karena selain mungil dan ringan, juga pastinya mampu menghasilkan tampilan gambar yang memukau. Hal tersebut dapat dilihat dari kualitas sensornya yang mengusung FourThirds 20,3MP sehingga mampu bekerja dengan baik dalam berbagai situasi serta terdapat pula penstabil gambar yang membuat tampilan gambar akan terlihat lebih tajam.

Bukan hanya itu saja, sebab terdapat pula jendela bidik (viewfinders) yang dapat dimiringkan dan juga layar yang dapat dimiringkan meskipun tidak terlalu fleksible namun cukup membantu jika Anda ingin melakukan selfie. Selain itu, tentunya Anda juga akan bisa menghasilkan video berkualitas 4K dan juga memungkinkan Anda memotret pada kecepatan 30fps.

Sony A6400

Terkadang kita merasa bahwa kini semakin canggihnya kamera membuat kita tidak perlu lagi melakukan beragam pengaturan untuk menghasilkan gambar yang menawan. Seperti halnya Sony A6400 ini yang sudah dilengkapi dengan fitur tracking autofocus sehingga pengguna tidak perlu lagi repot mendeteksi beragam subjek di sekitar frame.

Baca Juga:   Perbedaan Mirrorless dan Dslr yang Wajib Anda Ketahui

Namun, kamera ini juga memiliki beberapa kekurangan, khususnya di sektor teknologi yang agak ketinggalan zaman, misalnya seperti sektor layar dan viewfindernya.

Sony Alpha A7 III

https://www.youtube.com/watch?v=W9hxT4EDOuk

Sony membekali salah satu kamera mirrorless terbaik 2019 besutannya ini dengan beragam spesifikasi dan fitur canggih dan menarik, diantaranya seperti, ukuran sensor full frame dengan resolusi 24MP, kemampuan memotret dengan kecepatan hingga 10fps, kemampuan merekam video berkualitas 4K, hingga terdapat pula fitur stabilisasi 5-axis image agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih tajam. Namun, sayangnya di sektor layar sentuh kamera ini masih terbilang cukup terbatas.

Fujifilm X-H1

Fujifilm telah memenangkan hati banyak pecinta fotografi dengan desain kameranya yang retro dan tentunya kemampuan kameranya yang memiliki kinerja tinggi, termasuk kamera seri X, dengan X-H1 yang merupakan produk terbaru dari seri tersebut saat ini.

Spesifikasi dan fitur menarik yang disematkan Fujifilm ke dalam kamera ini, diantaranya seperti, sensor berukuran APS-C lengkap dengan resolusi sebesar 24MP, kemampuan memotret dengan kecepatan mencapai 14fps, kemampuan merekam video berkualitas 4K, dan terdapat pula fitur stabilisasi 5-axis image agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih tajam.

Sementara itu, untuk sisi kelemahannya, terletak pada desainnya yang tergolong cukup besar dan kapasitas baterai yang tidak terlalu besar.

Olympus OM-D E-M1 Mark II

Walaupun, Olympus bukan merek yang populer namun kamera besutannya ini tidak dapat dianggap remeh dan layak masuk ke dalam daftar kamera mirrorless terbaik 2019. Ya, Olympus OM-D E-M1 Mark II dipersenjatai dengan spesifikasi tangguh dan beragam fitur menarik, diantaranya seperti, ukuran sensor micro four thirds dengan resolusi 20MP, kemampuan memotret dengan kecepatan mencapai 60fps, kemampuan merekam video berkualitas 4K, dan terdapat pula fitur stabilisasi 5-axis image agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih tajam.

Panasonic GH5

Panasonic telah lama menjadi favorit para videografer, dan GH5 adalah salah satu contoh kamera yang ideal untuk mereka yang memiliki keinginan membuat film menggunakan kamera yang berukuran tidak terlalu besar.

Selain itu, tersedia pula spesifikasi keren dan beragam fitur menarik, seperti ukuran sensor micro four thirds dengan resolusi mencapai 21MP, kemampuan memotret dengan kecepatan mencapai 60fps, kemampuan merekam video berkualitas 4K, bahkan dapat ditingkatkan hingga 6K, tersedia pula fitur stabilisasi 5-axis image agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih tajam.

Sayangnya, gambar yang dihasilkan dalam kondisi cahaya yang minim kurang menawan.

Fuji X-T20

Spesifikasi yang dibekalkan ke dalam kamera ini sebenarnya cukup memukau, apalagi jika dilihat harganya yang juga cukup terjangkau. Misalnya, Anda akan mendapatkan kualitas sensor APS-C dengan resolusi 24,3MP yang sama dengan jenis kamera seri X sebelumnya.

Selain itu Fuji X-T20 juga memiliki kemampuan memotret dengan kecepatan mencapai 14fps dan kemampuan merekam video berkualitas 4K. Sedangkan untuk desainnya, kamera ini dirancang dengan baik dan tetap berpedoman pada desain retro khas produk besutan Fuji.

Fujifilm X A-2

Fujifilm X A-2 merupakan salah satu kamera mirrorless terbaik 2019 yang dijual dengan harga paling terjangkau. Meskipun tidak dilengkapi dengan sensor X-Trans atau jendela bidik (viewfinder), tetapi sensor CMOS APS-C beresolusi 16MP masih mampu menghadirkan kinerja yang tergolong baik.

Referensi: Wikipedia, Canon, Nikon, Fujifilm.

20 Kamera Mirrorless Terbaik 2019, Cocok untuk Vlogger Pemula dan Expert 0 20 Kamera Mirrorless Terbaik 2019, Cocok untuk Vlogger Pemula dan Expert 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *