Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

0 0
0 0
Read Time:7 Minute, 48 Second

Saat Anda bekerja dengan menggunakan laptop atau komputer PC, mungkin pernah mengalami ketidaksengajaan menghapus dokumen atau file. Jika terjadi demikian, tidak perlu khawatir lagi. Ada sejumlah cara mengembalikan file yang terhapus tersebut khususnya pada komputer yang memakai sistem operasi Windows.

Panduannya sendiri ada banyak, Anda bisa lanjutkan membaca untuk mempelajarinya!

Macam-macam fitur untuk mengembalikan file yang terhapus

jangan bingung apalagi panik jika file yang Anda cari telah terhapus dari komputer, karena ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan data tersebut yaitu sebagai berikut:

Mengembalikan Dari Recycle Bin

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memunculkan kembali file yang terhapus di keranjang daur ulang atau recycle bin. Untuk mencari file tersebut, klik icon recycle bin pada desktop. Selanjutnya, carilah file yang sudah terhapus itu dan seret kembali ke desktop.

Atau, Anda bisa melakukannya dengan klik kanan pada file di dalam folder recycle bin itu kemudian klik restore. Maka, file akan kembali ke tempat awal semula file dihapus.

Backup dan restore

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Cara backup and restore dapat memulihkan file yang dihapus permanen baik di komputer maupun laptop tanpa menggunakan software. Cara ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows 7, 8, dan 10. Tetapi, ini dapat dilakukan jika anda sering membackup data sehingga semua data terbaru masih tetap tersimpan pada Windows backup.

Caranya, klik menu start atau tombol bergambar Windows, selanjutnya pilih atau cari menu control panel. Berikutnya, klik system and maintenance, selanjutnya pilih backup and restore. selanjutnya klik restore my files, kemudian browse for files atau browse for folder untuk memilih data backup yang sudah disimpan sebelumnya. Terakhir, simpanlah pada file folder yang anda inginkan.

Restore Previous Versions

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Cara mengembalikan file terhapus berikutnya yaitu dengan cara metode restore previous section. Metode ini dapat dipakai pada sistem operasi Windows 7, 8, dan 10. Anda harus memastikan fitur file history sudah aktif.

Cara mengembalikan file terhapus tersebut dimulai dari mencari folder tempat file yang telah terhapus. Selanjutnya, klik kanan folder itu dan klik restore previous versions. 

Berikutnya, pada layar akan muncul daftar yang berisi file dan folder anda. Selanjutnya, pilih versi yang terbaru. Berikutnya klik restore, dan file yang terhapus tersebut akan kembali ke PC komputer atau laptop.

Baca Juga:   Daftar Harga laptop ACER Intel Core i5 Terbaru 2020

Command Prompt

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Cara mengembalikan file yang terhapus berikutnya untuk mengembalikan file terhapus, yaitu memakai perintah command prompt. Pertama-tama Anda harus akses command prompt dahulu lewat search bar atau ctrl+f. Ketikkan cmd pada kolom bar itu. Klik kanan command prompt, dan klik run as administrator.

Berikutnya, Anda bisa mengetikkan kode perintah chkdsk X: /f. Gantilah X dengan lokasi file terhapus disimpan. Selanjutnya ketikkan ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.*. Jangan lupa gantilah X dengan nama Drive tempat file terhapus. Selanjutnya, proses recovery file akan berlangsung dan jangan mengoperasikan komputer dahulu hingga selesai.

Menggunakan Aplikasi Recuva

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Mengembalikan file terhapus juga bisa lewat aplikasi Recuva. Software ini merupakan program populer yang mudah digunakan. Anda bisa mengunduh aplikasinya dahulu di internet yang banyak tersedia.

Cara mengembalikannya, Anda cukup memilih drive penyimpanan file terhapus tersebut. Berikutnya, klik scan untuk memindai drive dan tunggu sampai selesai. Setelah selesai, pada aplikasi akan menunjukkan file yang sudah terhapus.

Anda cukup mencentang atau checkbox di sisi kiri untuk menandai file yang dikembalikan, kemudian klik recover. Maka, file yang hilang tersebut akan kembali lagi.

Menggunakan Aplikasi Ease US Data Recovery

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Cara berikutnya untuk mengembalikan file terhapus yaitu dengan program pemulihan file. Aplikasi yang direkomendasikan yaitu ease us data recovery wizard. Bukalah program ini dan memilih lokasi tempat file tersebut dihapus. Klik pada lokasi itu dan pilih opsi scan.

Berikutnya, software akan mengidentifikasi secara otomatis dengan melakukan pemindaian dan hasilnya akan tampil pada deleted files. Selanjutnya, Anda tinggal pilih file yang ingin dikembalikan dan klik recovery untuk menyimpannya di lokasi baru. Berikutnya klik OK untuk menyelesaikan proses.

Menggunakan Aplikasi Stellar Data Recovery

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Bagi Anda yang mempunyai komputer dengan sistem operasi Mac atau Apple, bisa juga harga menggunakan aplikasi stellar data recovery. Jika sudah terinstal, buka aplikasinya kemudian pastikan recovery everything dalam posisi on.

Selanjutnya, pilih drive tempat file Anda yang terhapus tersebut. Selanjutnya, klik scan untuk proses pengembalian file. Setelah scan berhasil dilakukan, akan tampil data file yang bisa di recover. Centang file yang ingin dikembalikan dan klik recover, maka file sudah bisa kembali lagi.

Menggunakan Aplikasi Data Rescue PC

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Cara mengembalikan file yang terhapus berikutnya dengan menggunakan aplikasi Data Rescue PC. Anda bisa memulainya dengan membuka program kemudian pilih drive yang anda inginkan untuk di recovery. Selanjutnya klik next dan pilih folder tempat anda ingin menyimpan data yang di recovery, kemudian klik next.

Berikutnya, akan muncul jendela informasi scan source drive dan pilih next. Proses scan atau pengecekan akan dimulai dan tunggu sampai selesai karena waktunya cukup lama. Jika selesai, akan ada daftar file yang di bisa di recovery. Centang file dan pilih option, kemudian recover. Maka, file Anda sudah bisa dikembalikan lagi.

Baca Juga:   Daftar Harga Laptop ACER Intel Core i7 Paling Garang, Spek Kelas Atas

Menggunakan Aplikasi Pandora Recovery

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Cara selanjutnya bisa menggunakan aplikasi pandora recovery. Sebelumnya, unduh dan install terlebih dahulu ke komputer atau laptop anda. Selanjutnya, jalankan program¬† ini kemudian klik tombol next. Selanjutnya, Anda bisa klik no i didn’t find my file jika tidak ditemukan pada recycle bin.

Berikutnya, pilih drive yang akan dilakukan scan. Ada tiga metode recovery dan sebaiknya Anda pilih yang ketiga agar lebih lengkap. Pilih jenis file yang dicari, misalnya file gambar, atau dokumen. Selanjutnya klik start disk surface scan dan tunggu sampai proses selesai. Berikutnya, klik icon recovery untuk mengendalikan data.

Menggunakan Aplikasi Wise Data Recovery

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Aplikasi berikutnya untuk mengembalikan data bisa dengan wise data recovery. Setelah anda install aplikasinya di komputer, bukalah program dan akan nampak tampilan jendelanya. Cari disk tempat data Anda hilang dan kemudian klik scan. Tunggulah proses sampai selesai dilakukan.

Setelah beberapa saat, hasilnya akan kelihatan ada tiga warna yang muncul yaitu merah, kuning dan hijau. Jika berwarna merah berarti sangat sulit dikembalikan, warna kuning berarti masih mungkin dikembalikan, dan warna hijau berarti 100% dapat direcovery.

Centang pada file yang ingin anda pulihkan dan klik kanan recover this item. Letakkan di folder tujuan dan klik OK untuk menyelesaikannya.

Aplikasi Art Plus Digital Photo Recovery

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Aplikasi berikutnya yang bisa anda gunakan yaitu digital photo recovery. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa mengembalikan jenis foto, video, dan audio. Aplikasi banyak digunakan pada pengguna sistem operasi Windows dalam mengembalikan file foto yang hilang.

Setelah anda menginstal aplikasinya, Anda bisa bisa mulai klik start. Kemudian, pada jendela selection pilih restore photo directly from memory card. Kemudian klik next dan pilih lokasi yang anda ingin scan, klik next dan pilih tipe file yang ingin dikembalikan.

Selanjutnya, klik start dan tunggu proses sampai selesai. Setelah itu, klik foto yang ingin kembalikan dan pilih restore.

Aplikasi Disk Drill Data Recovery

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Aplikasi selanjutnya untuk mengembalikan data yang terhapus adalah disk drill data recovery software. Cara mengoperasikannya, buka aplikasi dan kemudian pada layar welcome, pilih continue. Selanjutnya, pilih data yang ingin di recovery dari mana, misalnya dari Drive D.

Anda bisa memilih jenis recovery metode, quick scan, atau deep scan. Pada pilihan deep scan akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan memakan proses lebih lama.

Setelah itu, Anda bisa klik search for lost data. Tunggu prosesnya sampai selesai dilakukan kemudian checklist data yang ingin anda kembalikan. Klik recovery, kemudian taruh di folder dan klik ok untuk menyelesaikannya.

Aplikasi Undelete 360

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Cara mengembalikan file yang terhapus bisa pakai undelete 360. Aplikasi ini digunakan untuk kembalikan file terhapus ialah undelete 360. Beberapa jenis file misalnya foto, video, PDF, dan lainnya bisa dilakukan recovery. Caranya, buka aplikasi, kemudian pilih drive dimana tempat file Anda hilang.

Baca Juga:   Harga Laptop Acer Core i3 RAM 4G Paling Laris 2019-2020

Selanjutnya,klik start untuk mulia menjelajahi file yang hilang. Tunggu sampai proses selesai, semakin besar ukuran drive maka semakin lama waktu yang dibutuhkan.

Setelah selesai, maka akan ada list file yang bisa dikembalikan, dan centang file yang anda pilih. Kemudian pilih recovery file dan taruh di folder yang diinginkan. Selesai, file Anda sudah kembali seperti semula.

Mini Partition Recovery

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Komputer

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan adalah mini partition recovery. Cara pengoperasiannya mudah, hampir seperti yang lainnya. Unduh dan instal aplikasi terlebih dahulu ke komputer anda. Buka program, kemudian pilih launch application. Akan tampil jendela partisi yang dimiliki komputer.

Pilihlah dimana disk yang ingin anda scan pada partition recovery. Pada jendela scanning range setting, pilih specified range dan pilih partisi atau drive mana yang ingin anda scan untuk mengembalikan file, selanjutnya klik next. Anda bisa memilih quick scan atau full scan kemudian pilih next.

Tunggu sampai proses scan selesai dan akan terlihat partition recovery nya. Selanjutnya, klik apply pada bagian kiri layar kemudian pilih yes jika ada jendela apply changes. Tunggu sampai proses scan selesai dilakukan dan jika sudah, maka file recovery sudah masuk ke folder recovery tersebut.

Penyebab File Terhapus

Selain faktor ketidak sengajaan, Ada banyak hal yang yang menyebabkan file terhapus secara sendirinya dan tidak Anda inginkan. Berikut ini adalah beberapa Penyebab umum file terhapus:

Terinfeksi Virus atau Malware

Hal umum yang terjadi saat sebuah file hilang adalah karena terinfeksi virus. Jika hal ini terjadi, sebelum melakukan recovery file, Sebaiknya anda scan terlebih dahulu driver yang dicurigai terinfeksi virus tersebut. Gunakan anti-virus terbaru yang bisa menampilkan file yang disembunyikan virus.

Kerusakan Pada Perangkat

Hilangnya file juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada perangkat. Misalnya pada hardisk eksternal atau flashdisk yang yang terjatuh atau terkena air, bisa mengakibatkan file yang ada di dalamnya tidak bisa terbaca. Jika ini sudah terjadi, tentu harus diperbaiki ke service center terdekat karena tidak bisa melalui software.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana Cara mengembalikan file yang terhapus pada komputer. Semoga tulisan ini cukup bermanfaat bagi anda.

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%