Cara Upload Video di Youtube, Vimeo, dan Vidio.com. Gampang Banget!

Cara Upload Video di Youtube, Vimeo, dan Vidio.com.
Read Time:5 Minute, 4 Second

Semenjak boomingnya Youtube, orang-orang terus berselancar ke Youtube untuk menonton video-video unik mulai dari buatan para content creator, kompilasi video unik, hingga tayangan ulang televisi. Bahkan, sekarang tugas kuliah dan sekolah pun saban kali berupa video yang harus diunggah ke Youtube.

Namun, Youtube bukan satu-satunya platform video terkenal. Ada Vimeo, Vidio.com, dan beragam platform lainnya. Bagaimana cara upload video di Youtube dan platform-platform tersebut?

Cara Upload Video di Youtube Lewat Laptop dan Ponsel

Youtube adalah platform video terbesar yang diciptakan pada tahun 2005 oleh para bekas pekerja PayPal. Sekarang, banyak sekali orang memanfaatkan Youtube sebagai ladang mencari uang melalui adsense yang didapat dengan cara membuat video-video yang penontonnya bisa mencapai ribuan hingga jutaan.

Anda juga bisa seperti mereka. Nah, simak langkah-langkah cara upload video di Youtube di bawah ini:

Lewat PC atau laptop

Cara Upload Video di Youtube, Vimeo, dan Vidio.com.

Youtube terintegrasi dengan Google, sehingga Anda wajib mempunyai akun google/gmail. Bila Anda sudah punya akun google/gmail, Anda tinggal buka platform Youtube.

Setelah itu, klik pilihan login yang ada di pojok kanan atas layar komputer Anda. Masukan email dan kata sandi ke dalam form login. Anda akan masuk ke halaman utama Youtube. Klik foto profil email Anda yang ada di kanan atas, kemudian klik pilih opsi “My Channel”.

Opsi ini penting sekali karena dalam mengunggah video ke Youtube, Anda wajib memiliki channel. Buatlah channel dengan nama yang Anda suka. Bila sudah, masuk ke home channel Anda dengan mengklik foto profil/nama channel. 

Bila sudah masuk ke halaman utama channel, klik opsi upload video/unggah video. Atur setelan privasi video yang Anda inginkan, baik private atau publik. Kemudian, pilih video yang Anda ingin unggah dari komputer atau PC Anda.

Silakan isi judul, deskripsi, thumbnail video dan detail-detail lain yang akan menjelaskan mengenai video Anda. Judul dibatasi hanya sebanyak 100 karakter, sedangkan deskripsi maksimal mencapai 5.000 karakter. 

Selain itu, bila Anda sudah punya subscriber, bisa mengaktifkan opsi untuk memberi notifikasi kepada para subscriber kalau Anda unggah video. Bila sudah sesuai dengan kebutuhan, Anda hanya tinggal klik “publikasikan”

Lewat ponsel

Cara Upload Video di Youtube, Vimeo, dan Vidio.com.

Bila sebelumnya Anda harus login dulu dengan akun gmail di laptop, di ponsel Anda akan langsung terhubung dengan email-email yang sudah dikaitkan di aplikasi Gmail. Jadi, Anda tidak perlu login lagi.

Tapi tetap saja, sebelum mengunggah video, Anda wajib membuat channel Youtube Anda sendiri. Caranya dengan mengklik gambar profil di pojok kanan atas halaman Youtube. Kemudian, pilihlah opsi “My Channel”.

Untuk mengunggah video, terdapat dua opsi: video baru atau ambil dari galeri. Bila ingin mengunggah video baru, klik logo kamera di beranda Youtube Anda. Nah ini dia  kelebihan Youtube di ponsel, bisa langsung merekam video dan mengunggahnya. 

Sementara itu, bila Anda sudah punya video yang siap diunggah di ponsel, klik saja folder galeri saat hendak mengunggah video. Jangan lupa atur setelah publik, memberi judul dan deskripsi, opsi notifikasi, dan klik publikasikan.

Cara Upload Video di Vimeo

Cara Upload Video di Youtube, Vimeo, dan Vidio.com.

Selain Youtube, ada juga Vimeo yang tidak kalah terkenal. Vimeo juga banyak digunakan para video creator untuk membagikan kreativitas mereka dan mencari pundi-pundi keuntungan.

Cara mengunggah video lewat Vimeo pun tidak sulit. Sedikit banyak mirip dengan di Youtube. Namun bedanya, Vimeo diblokir oleh pemerintah Indonesia karena beberapa alasan. Untuk mengakalinya, Anda bisa gunakan VPN atau software-software sejenis lainnya.

Bila Anda sudah berhasil mengakses situs Vimeo menggunakan VPN atau sejenisnya, selanjutnya Anda hanya perlu login lewat email atau Facebook. Bila Anda belum punya akun, tinggal buat saja dengan mudah.

Bila sudah masuk ke akun, wajib untuk memverifikasi terlebih dulu akun Anda sebelum mengunggah video. Verifikasi bisa dilakukan dengan menggunakan email yang sudah Anda daftarkan.

Kekurangan dari Vimeo adalah, ia sangat sensitif. Bila Anda berniat mengunggah video dengan judul bahasa Inggris, kami sarankan untuk menghindari kata-kata berbau sensual atau kasar, sebab akan di-auto banned oleh Vimeo.

Selain itu, proses unggah video di Vimeo memakan waktu yang lebih lama sehingga ada baiknya Anda nyambi proses mengunggah video dengan mengisi deskripsi, judul, dan keterangan-keterangan lainnya tentang video Anda.

Kekurangan terakhir dari Vimeo adalah bila Anda merupakan free-user, Anda akan dibatasi dalam mengunggah video. Perminggunya, Anda boleh mengunggah video hingga maksimal 500mb. Kecuali bila Anda pengguna premium maka bisa mengunggah lebih banyak video ke Vimeo.

Cara Upload Video di Vidio.com

Cara Upload Video di Youtube, Vimeo, dan Vidio.com.

Berbeda dengan kedua situs di atas, Vidio.com merupakan pemain lokal yang masih mencoba berkembang sebagai situs penyedia video. Walaupun begitu, Vidio.com cukup terkenal, loh! Ada banyak content creator berkualitas di Vidio.com.

Kelebihan dari Vidio.com adalah tampilan yang eksklusif layaknya Netflix dan iFlix. Anda akan merasa menonton video dari bukan dari situs gratisan, karena tampilannya yang berkelas.

Selain itu, Vidio.com menyediakan fitur menonton sinetron baik dari TV lokal, maupun garapan mandiri situs Vidio.com. Bahkan, di sini pun ada juga drama Korea loh! Nah, bagaimana sih caranya menjadi kreator dan mengunggah video ke situs Vidio.com ini?

Bila Anda menggunakan ponsel, maka Anda wajib hukumnya untuk mengunduh dulu aplikasi Vidio.com dari Google Play Store. Kemudian, bila sudah terunduh Anda bisa membuka aplikasi dan daftar akun. Mendaftarkan akun bisa menggunakan email atau nomor ponsel.

Setelah akun jadi, untuk mengunggah video bisa dengan mengklik opsi atau menu “Account”, lalu klik tombol kamera. Tombol kamera, terletak di kanan bawah layar ponsel Android. 

Anda bisa memilih untuk mengunggah video dari galeri atau video baru dari kamera. Hampir sama seperti di Youtube, bukan?

Bila sudah merekam video atau memilih salah satu video dari galeri, Anda tinggal menguploadnya. Sembari menunggu video terunggah, bisa sembari memberi judul video dan juga menuliskan juga deskripsi video.

Di Vidio.com, Anda juga bisa menandai video tersebut dengan tag dan grup loh! Setelah itu, Anda bisa klik publikasikan video, dan video sudah terunggah di situs!

Selain Youtube, Vimeo, dan Vidio.com, ada juga situs-situs lain yang mulai tumbuh menjadi pesaing Youtube, seperti Dailymotion, Twitch TV, dan juga Quibi. Cara mengupload video di sana pun hampir sama dengan ketiga raksasa di atas. Jadi, Anda bisa coba-coba buat akun, masuk, dan mengunggah video yang ingin Anda bagikan.

Nah, itu saja cara upload video di Youtube, Vimeo, dan juga Vidio.com. Anda sudah menentukan belum, mau upload video di situs yang mana?

Cara Upload Video di Youtube, Vimeo, dan Vidio.com. Gampang Banget! 0 Cara Upload Video di Youtube, Vimeo, dan Vidio.com. Gampang Banget! 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *