Beberapa Cara Unreg Kartu Smartfren dengan Cepat

0 0
0 0
Read Time:3 Minute, 32 Second

Sejak beberapa tahun ini, pemerintah memberlakukan peraturan bahwa satu NIK (Nomor Induk Kependudukan) hanya bisa digunakan untuk registrasi 2 kartu SIM (Nomor ponsel) saja.

untuk itu, jika anda ingin ganti dengan kartu baru, anda harus melakukan unreg atau un registrasi pada kartu lama terlebih dahulu termasuk jika anda merupakan pengguna kartu smartfren. Ada beberapa cara unreg kartu smartfren yang bisa anda lakukan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Unreg Kartu Smartfren

1. Unreg Melalui SMS

Beberapa Cara Unreg Kartu Smartfren dengan Cepat

Cara Unreg kartu smartfren dengan cepat yang pertama dan paling banyak digunakan adalah unreg melalui Layanan SMS atau pesan singkat. Hal ini karena anda juga bisa melakukan registrasi melalui SMS.

Cara unreg kartu smartfren melalui SMS juga mudah dan cepat, anda hanya perlu mengirim SMS dengan format tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak cara berikut:

  • Buka aplikasi SMS atau Pesan pada ponsel anda
  • Ketikkan pesan dengan format berikut UNREG#NOMOR SMARTFREN YANG AKAN ANDA UNREG#
  • Kirimkan pesan tersebut ke nomor 4444
  • Tunggu notifikasi pembatalan registrasi muncul. Smartfren biasanya juga akan mengirimkan SMS pemberitahuan bahwa nomor anda sudah tidak aktif.

Meskipun menggunakan layanan SMS, cara pertama ini gratis atau tidak dipungut biaya loh. Layanan ini masih bisa diakses meskipun pulsa anda 0 rupiah. Yang penting adalah nomor anda aktif dan tidak dalam masa tenggang.

2. Unreg Melalui Website Smartfren

Beberapa Cara Unreg Kartu Smartfren dengan Cepat

Jika anda memiliki kuota internet pada kartu smartfren anda, anda juga bisa melakukan cara unreg kartu smartfren melalui website resmi mereka. Mengapa harus kuota kartu smartfren? Karena situ yang akan anda buka nanti hanya bisa dibuka menggunakan provider smartfren.

Jadi jika anda pengguna wifi atau kuota data dari provider lain, silahkan cari cara lain untuk unreg kartu smartfren anda. Berikut cara lengkapnya:

  • Pertama, anda tidak boleh lupa jika anda harus mematikan opsi ‘Data Saver’ pada aplikasi browser yang anda gunakan untuk mengakses website.
  • Caranya adalah dengan memilih ikon tiga titik yang ada di kanan atas kolom URL
  • Kemudian, pilih Pengaturan atau Setting
  • Pilih Data Saver dan matikan
  • Buka website mereka mysf.id kemudian pilih halaman unreg atau langsung menuju website mysf.id/unreg
  • Masukkan data kartu smartfren yang akan anda unreg seperti nomor telepon dan NIK
  • Klik ‘Unreg’ kemudian tunggu hingga ada notifikasi tambahan
  • Jika kartu anda berhasil di nonaktifkan, anda akan mendapatkan pemberitahuan baik melalui email atau SMS.

3. Unreg Melalui Gerai Smartfren

Beberapa Cara Unreg Kartu Smartfren dengan Cepat

Jika anda merasa 2 cara diatas terlalu merepotkan dan anda masih juga belum mengerti, ada baiknya anda mendatangi saja gerai smartfren terdekat dari tempat anda berada. Saat ini gerai smartfren sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia.

Jika mungkin gerai smartfren tidak terjangkau dari tempat anda, anda juga bisa meminta tolong pada pegawai konter HP untuk melakukan unregistrasi pada kartu anda.

Anda hanya perlu mendatangi gerai smartfren atau konter hp/pulsa. Kemudian utarakan maksud anda untuk meng unreg kartu smartfren anda. nantinya, anda akan dimintai data data seperti nomor telepon dan fotokopi KTP (jika tidak ada bisa KK).

Langkah selanjutnya akan ditangani oleh pegawai gerai sehingga anda hanya perlu menunggu proses unregistrasi selesai. Jika berhasil, anda akan mendapatkan sms pemberitahuan bahwa kartu anda sudah dinonaktifkan.

Tentang Registrasi Unregistrasi Kartu Smartfren

Kenapa masyarakat Indonesia hanya boleh meregistrasi 2 nomor ponsel untuk 1 NIK? Jawabannya adalah keteraturan data. Data anda yang tercatat pada provider (dalam hal ini smartfren) bisa menjadi informasi jika akan kejadian tidak biasa yang terjadi di masa depan misalnya ada kecelakaan, atau pencurian data dan sebagainya.

Jika masyarakat menggunakan banyak kartu, pihak berwajib akan bingung tentang data anda. selain itu, meng unreg kartu yang sudah tidak anda gunakan juga bisa menghindarkan anda dari tindak kejahatan.

Bayangkan jika anda membuang kartu anda tanpa mengunregistrasi dan ada orang yang menemukannya kemudian menggunakan kartu anda untuk berbuat jahat? Siapa yang akan terkena? Tentunya anda sebagai orang yang registrasi.

Kemudian muncul pertanyaan, apakah kartu yang sudah di unregistrasi bisa di registrasi lagi karena pemilik masih menyimpan kartu SIM tersebut? Jawabannya adalah tidak.

Anda tidak bisa meregistrasi ulang kartu yang telah di Unreg, kartu itu akan mati dan tidak digunakan lagi oleh pihak provider selama beberapa waktu. Untuk itu, sebelum anda memutuskan untuk meng unreg kartu anda, anda harus memikirkannya dengan matang.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara cara unreg kartu smartfren dengan cepat. Ketiga cara tersebut bisa anda lakukan pada jenis ponsel apapun selama anda menggunakan kartu smartfren. Semoga penjelasan diatas bisa membantu dan selamat mencoba!

 

Baca Juga:   Beberapa Cara Cek Kartu Smartfren dengan Cepat
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%