Cara Menyimpan File di Google Drive Supaya Tidak Mudah Hilang

0 0
0 0
Read Time:5 Minute, 11 Second

Sebagai salah satu perusahaan paling berpengaruh di era internet seperti sekarang, Google telah melakukan berbagai inovasi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menghadirkan fitur Google drive yang bisa Anda akses secara gratis melalui akun Google Anda.

Dengan menggunakan Google drive, Anda tidak perlu khawatir akan keselamatan file-file Anda karena semuanya akan tersimpan secara aman di layanan cloud storage milik Google. Dengan adanya fasilitas tersebut Anda akan bisa membuka file dimana saja asal tetap terkoneksi dengan internet.

Cara menyimpan file di Google drive juga terbilang mudah dan sangat praktis meskipun jika Anda termasuk orang yang tidak melek internet.

Cara menyimpan file di Google Drive lewat komputer pribadi

Cara Menyimpan File di Google Drive Supaya Tidak Mudah Hilang

Dengan layanan Google drive, Anda tidak perlu lagi membawa flashdisk atau media penyimpanan lain hanya untuk menyimpan file. Selain sangat merepotkan, ada kemungkinan benda-benda tersebut akan hilang, rusak atau bahkan terkena virus sehingga justru akan merusak perangkat elektronik Anda.

Oleh sebab itu, Google drive menyediakan tempat penyimpanan secara daring sebesar 15 GB yang bisa Anda pakai secara cuma-cuma.

Walaupun bisa diakses kapan saja dan dimana saja, menurut beberapa pengguna menyimpan file Google drive lewat komputer pribadi jauh lebih nyaman karena ukuran layarnya yang lebih lebar. Dengan ukuran layar rata-rata sebesar 14 inci  maka secara otomatis tampilan di layar juga akan semakin lebar sehingga memudahkan Anda untuk membacanya.

Dengan membacanya maka kemungkinan Anda melakukan kesalahan juga akan semakin kecil. Berikut cara menyimpan file di Google drive agar tidak mudah hilang.

Mengupload file ke Drive

Pastikan untuk masuk ke akun Google pribadi Anda. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa membuatnya secara gratis dengan mendaftar melalui akun Gmail. Setelah akun Anda jadi, maka tahap selanjutnya adalah mengakses Google drive.

Sebaiknya, untuk pertama kali Anda menggunakan komputer untuk membukanya karena layarnya yang lebih lebar sehingga memudahkan Anda untuk melihat tampilan halaman secara menyeluruh. Untuk bisa mengakses akun Google drive Anda hanya perlu mengklik Aplikasi Akun yang memiliki gambar tumpukan titik yang membentuk segi empat. Setelah itu, Anda bisa memilih menu drive untuk masuk ke Google drive.

Pada halaman Google drive, Anda akan menemukan berbagai menu dan pilihan. Klik  menu Baru yang memiliki tanda plus berwarna-warni kemudian pilih Upload File atau Upload Folder setelah itu klik buka. Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu proses selesai.

Setelah file selesai di Upload maka secara otomatis file tersebut akan tersimpan di drive sehingga Anda bisa membukanya dimanapun asalkan terdapat jaringan internet.

Menyimpan file di komputer

Pertama, sebaiknya Anda menginstal Drive File Stream lebih dulu. Setelah menginstalnya baru Anda bisa mengakses Drive Saya dari My Computer untuk windows dan Finder untuk apple mac. Cara instalnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk pusat bantuan drive dan klik Drive File Stream. Selanjutnya,  Anda  harus mengklik Buka Folder Drive untuk mengakses folder dan file Drive.

Saat Anda menginstal Drive File Stream di komputer maka komputer Anda akan membuat sebuah drive bernama Drive File Stream yang berisikan semua file drive Anda. Untuk memindahkan file tersebut ke folder agar lebih mudah dibaca maka Anda harus menentukan file mana yang ingin disimpan di Drive lalu atur file dalam folder sesuai selera Anda.

Klik Drive File Stream lali klik Buka Folder Drive. Pindahkan file kedalam folder dan sekarang file tersebut berada di Drive dan  dapat disinkronkan dengan perangkat lain asal sudah terinstal Drive.

Cara menyimpan file di Google Drive melalui smartphone

Cara Menyimpan File di Google Drive Supaya Tidak Mudah Hilang

Selain menggunakan komputer, Anda juga bisa menggunakan smartphone untuk menyimpan file-file tersebut. Walaupun tampilan layarnya cukup kecil namun bagi beberapa pengguna aplikasi tersebut sangat praktis karena smartphone lebih mudah dibawa kemana pun.

Bukan hal yang aneh lagi jika nyaris setiap saat smartphone tidak pernah lepas dari genggaman orang-orang. Anda bisa  menggunakan smartphone berbasis android atau iOS melalui aplikasi Google Drive. Caranya pun cukup mudah dan tidak berbeda jauh dengan cara menyimpan file di Google Drive melalui computer.

Pertama-tama, Anda harus membuka aplikasi Google Drive lebih dulu lalu klik menu yang bertanda plus (+) dan klik upload. Setelah itu, Anda bisa memilih file mana yang ingin dikirim lalu Google Drive secara otomatis akan mengunggah file tersebut setelah Anda mengklik menu open (jika mengupload lebih dari 1 file) dan menunggu hingga file selesai di upload.

Setelah proses tersebut rampung, cari file yang telah di upload lalu klik tanda 3 titik di sebelah kanan tersebut lalu pilih share jika ingin membagi file tersebut. namun, jika tidak ada file Anda secara otomatis tetap berada di drive.

Tersedia berbagai macam paket tambahan

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan yang membutuhkan ruang penyimpanan besar maka Google Drive versi biasa tentu tidak akan cukup bagi Anda. Sebaai jawaban, pihak Google memberikan pilihan untuk upgrade ke paket langganan yang menyediakan penyimpanan besar dan berbagai fasilitas lainnya.

Paket yang ditawarkan oleh Google bernama paket Google One dimana Anda bisa membayar iuran secara bulanan atau pertahun guna mendapatkan media penyimpanan yang lebih besar. Terdapat 3 paket yang ditawarkan yaitu paket 100 GB, 200 GB dan 2 TB yang bisa Anda dapatkan mulai harga sekitar 27 ribu rupiah per bulan.

Namun, jika Anda ingin membayar secara tahunan maka harganya tentu akan lebih murah lagi. Selain tambahan ruang penyimpanan, beberapa fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan antara lain adalah bantuan dari para ahli di Google, opsi menambah keluarga hingga 5 orang dan berbagai manfaat lainnya seperti saldo Google Pay, diskon hotel dan masih banyak lagi.

Selain untuk kepentingan individu, Google juga menyediakan tempat penyimpanan untuk kepentingan bisnis. Layanan ini sedikit berbeda dengan yang biasa karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mumpuni seperti layanan konferensi virtual hingga bisa mencapai 250 peserta, penyimpanan gabungan hingga 25 TB dan berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti slide untuk presentasi, formulir untuk survey professional, catatan bersama, pembuat situs, dan spreadsheet.

Selain fasilitas, keamanannya juga jauh lebih tinggi sehingga bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebocoran data, pencurian data atau pembajakan dari oknum yang tidak dikenal. Sebagai tambahan, Google juga memberikan promo berupa pembebasan biaya langganan hingga akhir September tahun ini.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan tentu saja pilihan tersebut tidak bisa dilewatkan begitu saja terlebih produk tersebut merupakan besutan Google yang sudah sangat terkenal di bidang teknologi. Nama besar Google tentu menjadi jaminan jika produk yang ditawarkan akan memiliki kualitas yang sangat bagus dan tidak akan mengecewakan.

Sama halnya denga kualitas penyimpanan file di Google drive, banyak sekali memberi manfaat dan keuntungan bagi para penggunanya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %