Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru dan Siswa Terlengkap

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru dan Siswa
Read Time:10 Minute, 33 Second

Sebelum kita memulai pembahasan tentang bagaimana cara menggunakan Google Classroom, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu Google Classroom, fitur apa saja yang terdapat pada Google Classroom, dan apa saja kelebihan dari Google Classroom.

Google Classroom adalah layanan web pendidikan gratis yang dikembangkan oleh Google yang bekerjasama dengan tenaga pendidik sebagai fasilitas belajar bagi siswa.

Google Classroom dikembangkan bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas dengan cara tanpa kertas.

Tujuan utama dari Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa. Selain itu, Google Classroom juga dikembangkan sebagai dukungan kepada kampanye Go Green.

Baca dulu: Apa itu Google Classroom dan Apa fungsinya?

Untuk mulai menggunakan Google Classroom, kamu hanya butuh akun google yang bisa dibuat secara gratis. Daripada bingung, yuk cek cara menggunakan Google Classroom berikut ini :

Cara Menggunakan Google Classroom Guru

Cara membuat kelas belajar baru

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi website resmi Google Classroom di aplikasi peramban website (browser) di komputer PC atau laptop kamu.
  • Setelah itu Klik tombol “Buka Kelas” untuk masuk ke halaman login Akun Google.
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan akun Google kamu. Setelah kamu masuk dengan akun Google kamu di laman Google Classroom, maka langkah selanjutnya adalah membuat kelas.
  • Untuk membuat kelas, kamu perlu mengklik ikon “+” atau “create class” yang berada di pojok kanan atas.

cara menggunakan google classroom

  • Jika kamu ragu, ikon tersebut ada di dekat foto profil atau nama akun google kamu yang berada di pojok kanan atas.

cara menggunakan google classroom

  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi informasi tentang kelas yang akan kamu buat.

Cara Menambahkan Siswa ke Google Classroom

  • Langkah selanjutnya adalah mengundang siswa untuk bergabung ke kelas yang kamu buat. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk untuk mengundang siswa untuk bergabung di kelas yang kamu buat.
  • Pertama adalah mengundang siswa melalui email, dan yang kedua adalah dengan cara siswa tersebut mengetikkan kode kelas atau ID Class dari kelas yang kamu buat. ID Class bisa kamu lihat di pojok kanan bawah yang berupa kombinasi unik antara angka dan huruf.
  • Adapun cara untuk bergabung dengan kelas yang kamu buat dengan cara ID Class, siswa hanya perlu masuk dengan akun pribadi Google Miliknya, sama dengan cara sebelumnya.  Perbedaannya adalah, ketika mengklik icon “+”, silahkan pilih opsi “join class”. Setelah itu silahkan ketikkan ID Class dari kelas yang kamu buat, dan klik join.
  • Selanjutnya kamu perlu mempersonalisasi kelas yang telah kamu buat, seperti membuat foto icon kelas, merubah tema, dan sebagainya. Caranya adalah dengan mengklik roda bergerigi yang ada di pojok kanan atas.

Setelah kamu selesai mempersonalisasi kelas yang kamu buat, sekarang kelas kamu sudah siap digunakan untuk media pembelajaran dan interaksi antara kamu dan siswa.

Kelas yang sudah kamu buat bisa kamu gunakan untuk memberikan tugas, membuat pengumuman, membuat kuis, dan sebagainya.

Baca Juga:   Cara Mengubah Bahasa di aplikasi google classroom

Selain itu, kamu juga bisa melihat peserta didik yang telah bergabung di kelas yang kamu buat dengan cara melihat menu “Anggota”.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom

Cara Membuat Tugas di Google Classroom

  • Untuk memberikan tugas, silahkan pilih menu “Tugas Kelas” lalu klik menu “Buat”.
  • Pada menu tersebut kamu akan diberikan beberapa opsi pilihan apa yang akan kamu posting di kelas yang telah kamu buat.
  • Opsi-opsi tersebut berupa Tugas, Tugas Kuis, Pertanyaan, dan sebagainya.

Cara Membuat Tugas di Google Classroom

  • Setelah menu tersebut keluar, silahkan pilih menu tugas “Tugas” dan setelah itu kamu akan dibawa ke menu selanjutnya.

Cara Membuat Tugas di Google Classroom

  • Silahkan isi nama tugas yang kamu berikan, deskripsi tugasnya, dan silahkan lampirkan file tugas yang akan kamu berikan.

Cara Membuat Tugas di Google Classroom

  • Selanjutnya, kamu diminta untuk mengisi poin dan deadline tugas yang akan kamu berikan. Setelah itu klik menu buat.

Setelah kamu membuat tugas tersebut, peserta didik yang tergabung di kelas kamu akan mendapatkan notifikasi tentang tugas yang kamu posting.

Untuk melihat siapa saja peserta didik yang telah berpartisipasi dalam tugas yang kamu berikan, kamu pilih menu “Tugas Kelas”, lalu klik tugas yang telah kamu posting sebelumnya.

Kamu akan bisa melihat siapa saja yang telah mengerjakan dan menyetorkan tugas yang kamu berikan. Pada informasi tersebut, kamu juga bisa langsung memeriksa tugas yang telah dikerjakan oleh peserta didik dan langsung memberikan penilaian.

Peserta didik akan langsung bisa melihat skor atau poin yang berhasil mereka dapatkan ketika mengerjakan tugas yang kamu berikan.

Cara menggunakan Google Classroom untuk memberikan materi

  • Cara untuk memberikan materi pembelajaran di kelas yang telah kamu buat caranya hampir sama dengan cara untuk memberikan tugas.

cara memberikan materi di Google Classroom

  • Kamu akan diminta untuk memasukkan judul materi, deskripsi dan lampiran file. Lampiran file bisa berupa file doc, video atau link video Youtube yang telah kamu persiapkan sebelumnya.
  • Cuma ada perbedaan langkah untuk step selanjutnya. Kamu tidak diminta untuk memasukkan skor poin dan deadline.
  • Selain itu, kamu juga tidak perlu atau tidak bisa mengontrol siapa saja peserta didik yang telah melihat materi yang telah kamu posting.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Membuat Pengumuman

Kamu juga bisa membuat pengumuman yang ditujukan kepada seluruh peserta didik yang ada di kelas yang kamu buat.

Pengumuman ini bersifat umum dan hanya sekedar pemberitahuan kepada seluruh peserta didik mengenai informasi yang akan kamu sampaikan.

Kamu bisa mengatur personalisasi apakah pengumuman kamu bisa untuk di komentari atau tidak.

Cara Menambahkan co-teacher pada sebuah kelas

  • Pada sebuah kelas yang telah kamu buat, kamu bisa menambahkan guru lain untuk bergabung dengan dikelas yang kamu buat. Caranya adalah dengan memilih menu “info kelas”, lalu silahkan cari menu “invite teacher”.

cara menggunakan google classroom - invite teacher

  • Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan email dari guru tersebut. Kamu tinggal menunggu guru tersebut untuk mengklik link yang kamu kirim dan bergabung dengan kelas yang kamu buat.

Cara Mengeluarkan Akun Siswa dari Google Classroom

jika Anda seorang guru dan ingin menghapus siswa dari kelas karena berbagai alasan, Anda dapat menghapus siswa tersebut kapan saja. Jika siswa tersebut sudah terhapus, nilai mereka nantinya secara otomatis akan terhapus dari buku nilai dan tugas.

Untuk tugas siswa akan tetap ada dalam folder kelas di Google Drive dan postingan siswa tersebut juga akan tetap ada di forum kelas.

Berikut cara menghapus siswa dari kelas.

  • Buka aplikasi google classroom Anda
  • Kemudian pilih kelas yang siswanya ingin Anda hapus. Selanjutnya pilih anggota
  • Centang kotak di samping siswa yang ingin dihapus
  • Pada bagian atas klik tindakan lalu pilih opsi hapus
  • Klik hapus untuk mengkonfirmasi
  • Selesai
Baca Juga:   Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom

Setelah selesai pembelajaran, jika guru ingin menghapus kelas agar tampilan google classroom nya tetap rapi dan efektif caranya sangat mudah. kelas yang semakin sedikit tidak membingungkan guru saat melakukan evaluasi. Berikut cara menghapus google classroom dengan mudah.

  • Buka akun google classroom Anda.
  • Pada halaman utama, klik ikon tiga titik yang terdapat pada bagian atas sebelah kiri. Kemudian klik menu kelas
  • Selanjutnya pilih kelas yang ingin Anda hapus, klik ikon tiga titik lagi yang terdapat pada bagian atas sebelah kanan.
  • Nantinya akan muncul beberapa pilihan menu lalu pilih archive.
  • Tetap pilih archive atau arsip ketika pop up muncul
  • Klik ikon titik tiga yang terdapat pada bagian atas sebelah kiri kemudian pilih menu archive classes atau arsip kelas
  • Klik ikon titik tiga yang terdapat pada bagian atas kemudian akan muncul beberapa opsi, lalu pilih opsi delete atau hapus.
  • Tetap pilih hapus saat pop up muncul.

Kelas yang sudah dihapus oleh guru tidak dapat dikembalikan lagi.

Kumpulan Tutorial Google Classroom Lainnya:

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa

Cara bergabung dengan sebuah kelas

Ketika kamu berposisi sebagai peserta didik, maka kamu bisa bergabung di sebuah kelas yang telah dibuat oleh tenaga pendidik yang membimbing kamu dalam sebuah mata pelajaran. Kamu hanya butuh akun google pribadi untuk menggunakan Google Classroom.

  • Caranya sama dengan cara membuat kelas baru. Hanya saja, setelah kamu telah berhasil log in, kamu pilih opsi bergabung dengan sebuah kelas, bukan opsi membuat kelas baru.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru dan Siswa Terlengkap

  • Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa bergabung dengan sebuah kelas melalui dua cara, yaitu invite secara langsung melalui email dan bergabung dengan mengetikkan kode unik atau ID Class dari kelas yang akan kamu masuki. Untuk caranya telah dijelaskan sebelumnya di artikel ini.

cara menggunakan google classroom

  • Setelah kamu masuk dan bergabung pada sebuah kelas, maka pada beranda kelas yang kamu ikuti, kamu akan melihat tiga buah menu, yaitu pengumuman, tugas, dan anggota.
  • Menu pengumuman akan menampilkan semua informasi yang di share oleh guru mata pelajaran yang kelasnya kamu ikuti.

Menu tugas adalah menu untuk mengakses tugas yang di share oleh gurumu dan harus kamu kerjakan. Sedangkan menu anggota adalah menu untuk melihat siapa saja anggota dari kelas yang kamu ikuti.

Secara umum, menu personalisasi pada beranda antara user tenaga pendidik dan peserta didik tidak jauh berbeda.

Cara melihat, mengerjakan, dan mengirim tugas yang di share oleh guru

Ketika guru kamu memposting tugas pada kelas yang kamu ikuti, maka kamu akan mendapat notifikasi via email mengenai tugas tersebut.

Email tersebut adalah email yang kamu daftarkan untuk akun Google Classroom kamu. Setelah kamu mendapat pengumuman tersebut, silahkan login ke akun Google Classroom kamu dan masuk ke kelas yang telah kamu ikuti.

  • Setelah itu, silahkan pilih menu tugas. Pada menu tersebut akan ada daftar tugas-tugas yang telah di share oleh gurumu.

cara menggunakan google classroom

  • Setelah itu, kamu klik tugas yang akan kamu kerjakan. Maka akan ada informasi mengenai tugas yang diberikan oleh gurumu.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru dan Siswa Terlengkap

  • Untuk mulai mengerjakan tugasnya, silahkan klik pada bawah tugas tersebut menu “Add or Create”. Kamu bisa melampirkan file yang telah kamu kerjakan sebelumnya dan setelah itu klik menu “Done”. Untuk mengirimkan tugas, tap Turn In.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru dan Siswa Terlengkap

  • Setelah kamu mengupload tugas tersebut, kamu bisa melihat apakah tugas kamu sudah diperiksa oleh gurumu atau belum.
  • Kamu bisa melihat skor poin yang kamu dapatkan dari mengerjakan tugas tersebut. Kamu bisa langsung melihatnya pada tugas yang diberikan oleh gurumu.
  • Baca tutorial ini untuk info lebih jelas: Cara Mengirim dan Mengerjakan Tugas di Google Classroom
Baca Juga:   Cara Membuat Soal Pilihan Ganda di Google Classroom

Cara melihat materi yang di share oleh guru

  • Langkah untuk melihat materi yang di share oleh gurumu hampir sama dengan langkah untuk melihat tugas. Kamu juga akan mendapat notifikasi melalui email.
  • Perbedaannya cuma ketika kamu melihat materi yang di share, kamu bisa mendownloadnya dan mempelajarinya sendiri. Jika ada pertanyaan, kamu bisa berkomentar pada materi yang di share tersebut. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengupload dokumen tertentu jika yang di share adalah materi pembelajaran.

Jika Anda seorang siswa dan ingin membatalkan keikutsertaan Anda di dalam Google Classroom, berikut tahapannya.

Cara keluar dari Google Classroom

Jika Anda ingin berhenti menjadi anggota kelas  di  google classroom, cara keluar dari google classroom adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Classroom dari HP atau laptop Anda
  • Masuk ke akun Google Classroom
  • Pada menu utama pilih salah satu kelas yang ingin Anda batalkan keikutsertaannya
  • Pilih ikon titik tiga yang terletak pada bagian kanan atas
  • Pilih opsi batalkan pendaftaran atau jika menggunakan bahasa Inggris, pilih opsi Unenroll
  • Jika muncul konfirmasi maka pilih “ya”
  • Selesai

Bagi para pengguna yang telah keluar dari kelas di Google Classroom, Anda tetap bisa mengikuti kelas tersebut dengan catatan guru belum merubah kode kelas yang telah Anda tinggalkan. Jika setelah keluar Anda ingin kembali bergabung ke kelas tersebut, Anda cukup login ke akunnya dan pilih bergabung di kelas.

Selanjutnya Anda akan kembali tergabung ke dalam kelas tersebut selama Anda masih mendapatkan akses kesana atau dengan kata lain, kunci atau verifikasi belum berubah.

Silahkan tanya kepada guru jika Anda ingin kembali bergabung tetapi tidak bisa padahal kode yang Anda masukkan sudah benar. Kemungkinan kode kelas telah diganti.

Catatan Penting

Google Classroom menggunakan media penyimpanan G Suite yang berstandar keamanan tinggi. Google Classroom membantu tenaga pendidik untuk menghemat waktu dalam mengerjakan pekerjaan atau tugas yang berulang, sehingga dengan penghematan tersebut, mereka lebih fokus pada tugas pokok mereka sebagai pengajar.

Google Classroom dapat diakses dimanapun, baik itu menggunakan perangkat seluler maupun personal computer, sehingga sangat memudahkan tenaga pendidik dalam mengakses materi pembelajaran, tugas, dan masukan yang diberikan kepada siswa.

Google Classroom memungkinkan tenaga pendidik mengontrol perkembangan siswa didiknya melalui masukan yang diberikan, sehingga masukan untuk perkembangan siswa lebih fokus dilakukan.

Selain itu, Google Classroom juga terintegrasi dengan beberapa aplikasi pembelajaran yang membantu tenaga pendidik untuk memberikan materi pembelajarannya. Aplikasi tersebut seperti Classcraft, Class Deck, Quizizz, Tynker, Kami, dan Little SIS.

Semua aplikasi tersebut dirancang dan bertujuan untuk mempermudah interaksi antara tenaga pendidik dan siswa, memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan tanpa batas, dan mengontrol perkembangan personal dari peserta didik.

Setelah mengetahui fitur-fitur yang terdapat pada Google Classroom, maka tidak ada salahnya kamu untuk mencoba menggunakan Google Classroom sebagai sarana pembelajaran.

Itulah cara dan fitur Google Classroom yang bisa kamu gunakan untuk sarana pembelajaran antara kamu dan siswa kamu. Google Classroom sangat membantu, sebab kamu bisa memberikan tugas dan materi pembelajaran tanpa harus bertatap muka dengan peserta didik.

Penggunaan Google Classroom sangat efektif dans angat membantu dalam kondisi pandemi COVID 19 saat sekarang ini. Mungkin Google Classroom kalah populer dengan aplikasi daring lainnya, tetapi Google Classroom memiliki fitur yang jauh lebih kompleks dan efektif dari aplikasi presentasi daring lainnya.

Sebab Google Classroom memang khusus dibuat untuk media pembelajaran antara tenaga pendidik dan peserta didik.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru dan Siswa Terlengkap 0 Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru dan Siswa Terlengkap 0
Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *