Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker

1 0
1 0
Read Time:2 Minute, 30 Second

Dunia internet sangat akrab dengan virus dan peretasan. Untuk itu kita harus tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk mengamankan akun facebook dari serangan para hacker.

Jangan Sembarangan Log in Menggunakan Akun Facebook

Yang pertama adalah, pastikan dengan teliti apakah alamat web yang Anda  akses sudah benar. Jangan sampai Anda terjerumus kedalam sebuah web yang sengaja digunakan untuk menjebak korbannya dengan cara membuat sebuah website yang berpenampilan sama.

Website tersebut digunakan untuk memancing korbannya sehingga korban memasukkan username dan password facebook ke web tersebut. Istilah ini di kenal dengan teknik phising.

Gunakan Kata Sandi / Password Yang Sulit Di Tebak

Ketika memasang kata sandi, sebaiknya gunakan kata sandi yang sulit kemudian kombinasikan angka dan huruf yang lebih dari 1 kata.

Kata sandi yang sulit dan panjang juga berpengaruh terhadap keamanan akun Anda. Hindari kata sandi yang terdiri dari nama dan bulan lahir , tahun lahir Anda atau kata sandi yang berurutan, karena itu akan sangat mudah ditebak.

Jangan Simpan Data Akun Di Browser

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh Browser adalah menyimpan sebuah kata sandi. Bagi Anda yang pelupa ini tentu keutungan, tetapi sebenarnya ini memudahkan akun Anda diretas oleh orang lain.

Coba perhatikan, ketika Anda melakukan login ke Facebook, maka akan muncul pertanyaan pop up atau notifikasi, “apakah Anda akan menyimpan password Anda pada situs ini?” atau semacamnya.

Inilah permintaan izin yang dilakukan oleh Browser untuk mendapatkan data akun. Mungkin hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika Anda melakukannya pada komputer pribadi.

Namun jika Anda menggunakan komputer umum seperti di warnet, atau di komputer teman, sebaiknya jangan simpan password atau kata sandi Anda. Klik saja “tidak” atau “Never”, sehingga password tetap aman.

Jika Anda menggunakan komputer umum, sebaiknya setelah selesai langsung lakukan logout agar akun kita tidak disalahgunakan.

Gunakan Autentifikasi Dua Faktor

  • Buka akun Facebook Anda kemudian pilih pengaturan
  • Masuk ke pengaturan akun kemudian pilih keamanan dan info masuk
  • Pilih “gunakan autentifikasi dua faktor”
  • Sebelum Anda mengaktifkan autentifikasi dua faktor pastikan nomor handphone yang Anda daftarkan di akun fb adalah nomor Anda  yang masih aktif.
  • Setelah itu Facebook akan mengirim kode autentifikasi ke nomor handphone Anda. Setelah itu ikuti langkah-langkah selanjutnya

Ketika autentifikasi dua faktor sudah aktif, setiap Anda log in ulang Facebook Anda akan mendapatkan SMS notifikasi dari Facebook.

Baca Juga:   Cara Convert Video di Facebook

Mudah-mudahan dengan cara diatas, akun Facebook Anda lebih aman dari peretas. Cara diatas juga bisa digunakan pada akun media sosial Anda yang lain, seperti Instagram, Email, Twitter dan sebagainya.

Selain itu, langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan tidak memberitahukan password atau kata sandi Facebook Anda kepada siapapun.

Sebagai antisipasi, beritahukan teman-teman Facebook yang Anda kenal, jika mendapat inbox isinya adalah minta transfer sejumlah uang maka konfirmasikan langsung kepada Anda melalui telepon/sms/whatsapp.

Jika akun Facebook atau media sosial lainnya milik Anda terlanjur diretas, maka yang perlu Anda lakukan adalah beritahukan teman Anda yang berteman dengan akun Facebook Anda untuk melaporkan akun Anda yang sudah diretas. Sehingga akun Anda yang kena retas bisa langsung dihapus oleh pihak Facebook.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%