Panduan Cara Membuat Power Point Dengan Microsoft Office dan Google Slide

0 0
0 0
Read Time:5 Minute, 17 Second

Sebagai media presentasi, penting bagi anda mengetahui bagaimana cara membuat power point. Baik itu untuk kalangan pelajar, mahasiswa, maupun professional, tentunya harus dipahami langkah demi langkahnya.

Media membuat power point sendiri, bisa melalui Microsoft power point ataupun melalui Google slide.

Cara membuat Power Point dengan Microsoft office

Panduan Cara Membuat Power Point

Untuk membuat power point cara pertama bisa dilakukan lewat software Microsoft office power point. Tentunya, anda sudah tidak asing lagi. Namun, bagi yang baru ingin mencari referensi bagaimana membuat buat slide  dengan aplikasi ini, berikut kami akan jelaskan caranya:

Buka Aplikasi dan Pilih Template

Klik dua kali pada ikon aplikasi Microsoft power point yang ada di komputer. Selanjutnya, anda dapat memilih template yang disediakan.

Anda bisa meninjau sejumlah aspek dalam template misalnya layout, skema warna, font dan sebagainya. Anda bisa memilih salah satu tema yang diinginkan atau hanya blank template untuk membuatnya sendiri.

Membuat Halaman Judul

Pada halaman judul presentasi, buatlah sesederhana mungkin dan jangan banyak ada kata-kata selain judul ataupun sub judul. Ini merupakan sebuah keharusan agar presentasi power point Anda terlihat profesional.

Akan tetapi, jika Anda memang diminta membuat power point dengan judul yang lebih kompleks, maka hal ini bisa diabaikan.

Menambahkan Judul Dan Sub Judul

Biasanya, dalam sebuah selain akan ada kotak di bagian atas untuk judul dan kotak di bagian bawah untuk sub judul dan isi. Anda bisa membuat judul besar presentasi pada kotak yang atas. Untuk sub judul dan isi bisa anda tambahkan pada kotak di bawahnya yang lebih luas.

isi bisa disesuaikan dengan keinginan Anda, yang penting power point lebih ringkas berisi garis-garis besar presentasi.

Menambahkan Efek Transisi

Anda juga bisa menambahkan efek transisi saat presentasi pindah dari satu halaman ke halaman lain. Caranya, klik tab transition dan pilihlah efek yang sesuai anda inginkan. Usahakan pilih yang cukup sederhana dan sesuai dengan kebutuhan presentasi.

Jika presentasi Anda cukup serius dan penting, tentunya efek transisi jangan terlalu berlebihan.

Menambahkan Halaman Baru

Untuk menambahkan halaman baru atau menyisipkan halaman dari slide yang sudah ada, Anda bisa melakukan perintah pada pilihan insert. Selanjutnya, pilih new slide. Kemudian pilih jenis halaman yang diinginkan pada menu dropdown.

Anda bisa memilih title slide untuk halaman judul, title and content berisi judul dan isi, section header untuk halaman judul segmen, two content untuk halaman dengan dua konten, comparison untuk halaman dengan perbandingan content, atau blank content jika anda ingin menambahkan slide polos.

Mengisi Slide Power Point

setelah anda menambahkan halaman baru, Anda bisa mengisinya dengan konten yang sesuai keinginan. Tentunya, Anda harus memperhatikan isi presentasi dan Jangan terpaku pada desain power point saja. Ada berbagai perintah di bagian tab sebelah atas yang bisa anda eksplorasi.

Mulai dari menambahkan gambar,  grafik, suara, hyperlink, video dan sebagainya bisa anda lakukan dengan Microsoft power point ini. Anda dapat mengeksplorasi satu persatu sesuai dengan kebutuhan presentasi. Jika anda ingin menyajikan data, tentu presentasi dengan grafik akan lebih menarik bagi audiens.

Menyimpan File Presentasi

Anda bisa menyimpan file presentasi setelah selesai dibuat. Caranya, klik file atau ctrl+s, kemudian Save dan buat judul serta tempatkan di folder yang anda inginkan. Untuk menampilkan presentasi anda bisa dengan menekan perintah F5 atau klik tab slide show. Itulah gambaran singkat cara membuat power point dengan Microsoft office.

Membuat Presentasi Dengan Google Slide

Panduan Cara Membuat Power Point

Selain menggunakan Microsoft office power point, Anda juga bisa membuat slide presentasi dengan Google slides. Ini merupakan alternatif yang bagus Jika Anda memang tidak punya Microsoft office karena memang tidak gratis. Hal yang penting, anda terkoneksi dengan internet dan bisa membuka browser, serta memiliki akun Gmail. Adapun cara membuatnya akan kami jelaskan sebagai berikut:

Membuka Situs Google Slide

Hal yang pertama dilakukan adalah buka browser Mozilla Firefox atau Google chrome, dan ketikkan slides.google.com.

Berikutnya, Anda masukkan alamat email dan password Gmail anda untuk bisa login. Tunggu beberapa saat sampai masuk ke halaman Google slide. Pada bagian sudut kiri atas, memulai presentasi baru atau dengan klik tombol (+).

Mengedit Dan Format Slide

Pada dasarnya, perintah yang ada pada Google slide hampir sama dengan apa yang ada pada Microsoft power point. Langkah awal, Anda bisa memilih tema untuk diterapkan ke dalam selain ataupun memilih blank slide untuk menampilkan halaman polos. Jika Anda memilih tema, carilah yang sesuai dengan kebutuhan.

Menambahkan Judul

Seperti halnya pada Microsoft office, Anda juga bisa menambahkan judul halaman dan judul presentasi. Di bagian atas untuk judul utama dan di bagian kotak bawah untuk sub judul atau isi presentasi.

Buatlah judul dan sub judul dengan ukuran huruf, pemilihan font, dan dan warna text yang yang kontras dengan background.

Mengatur Transisi Slide

Untuk mengatur transisi slide sendiri, Anda bisa klik slide mana saja yang ingin ditambahkan efek transisi. Apabila ingin semuanya diberi efek transisi yang sama, maka anda bisa pilih ctrl + A setelah klik salah satu slide di bagian kiri. Anda bisa klik pada tab slide kemudian pilih add transition. Anda bisa juga kostumisasi efek transisi ini misalnya wiped, fade in, fade out, dan sebagainya.

Menambahkan Gambar

Anda bisa menambahkan gambar pada presentasi dengan klik tab insert, kemudian pilih image. Pilih gambar yang diinginkan lalu klik select, kemudian klik upload untuk menyisipkan gambar itu ke dalam slide anda. Usahakan gambar yang anda sisipkan, tidak memiliki ukuran yang terlalu besar agar mempercepat dalam upload.

Anda bisa melakukan eksplorasi terhadap berbagai perintah yang ada pada Google slide ini. Secara fungsi, sangat mirip sekali dengan Microsoft office. Jadi, kalau anda sudah terbiasa memakai microsoft office power point, tentunya sudah pasti bisa membuat presentasi dengan Google slide ini.

Membagikan File Dengan Orang Lain

Nilai plus dari cara membuat power point di Google slide ini adalah file Anda tersimpan secara otomatis selama terkoneksi dengan internet. Jadi, anda bisa menyimpan file sesuai judul di akun Google. Selain itu, anda bisa membagikannya dengan orang lain dan menjadi kontributor jika ingin ditambahkan sebagai editor dalam file Anda.

Caranya, dengan masuk ke akun Google drive Anda. Selanjutnya carilah file yang sudah anda buat tadi dan pada pilihan opsi klik berbagi Link. Kemudian, copy link file Anda tersebut untuk dibagikan ke orang lain secara online. Artinya, file Anda tidak perlu diunduh oleh mereka dan hanya bisa dilihat melalui browser Google chrome atau Mozilla Firefox.

Kesimpulannya, cara membuat power point baik dengan menggunakan Microsoft office maupun dengan Google slide pada dasarnya punya kemiripan. Jika Microsoft office perlu lisensi dan jangan sampai menggunakan software bajakan, maka Google slide bisa anda gunakan secara gratis. Pada intinya, jangan terlalu fokus pada desain melainkan isi presentasi harus berkualitas.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %