Tutorial Cara Mematikan Antivirus Avast Sementara dan Permanen

0 0
0 0
Read Time:5 Minute, 9 Second

Meskipun kadang-kadang diperlukan, tapi tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara mematikan antivirus Avast dengan baik dan benar. Mematikan antivirus terkadang perlu dilakukan jika Anda ingin menginstal aplikasi yang mungkin dicurigai sebagai virus.

Karena Avast termasuk antivirus yang cukup sensitif maka Anda perlu mematikan antivirus tersebut dengan mudah dan cepat.

Cara mematikan antivirus Avast langsung dari aplikasi (mematikan secara permanen)

Tutorial Cara Mematikan Antivirus Avast Sementara dan Permanen

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mematikan antivirus Avast. Salah satunya adalah dengan mematikannya langsung dari aplikasi Avast. Akan tetapi perlu diingat jika cara ini akan mematikan antivirus tersebut secara permanen.

Oleh sebab itu, sebaiknya pikirkan lebih dulu sebelum melakukan cara ini. Hal ini dikarenakan  dengan mematikannya secara permanen maka Anda secara tidak langsung mematikan fungsi utama dari aplikasi tersebut sehingga keberadaanya menjadi tidak terlalu berguna.

Meski begitu, metode ini sebenarnya sangat cocok digunakan jika Anda ingin melakukan efisiensi kinerja Avast dengan mematikan beberapa fungsi yang dimilikinya.

Sebagai contoh, Anda hanya ingin mengaktifkan fungsi scan virus pada memori internal saja maka jelas Anda tidak perlu fungsi scan untuk memori eksternal, scan saat proses booting, scan tiap saat dan sebagainya.

Namun, perlu diingat juga jika metode ini tidak efektif jika Anda hanya ingin mematikan fungsi-fungsi tersebut untuk sementara waktu. Misalnya saja saat Anda menginstal program baru. Hal itu dirasa kurang efektif karena prosesnya cukup panjang.

Selain itu, cara yang diajarkan di artikel ini hanya bisa dipraktekan pada komputer atau laptop yang sudah menggunakan Windows 10 saja.

Untuk mematikan aplikasi tersebut secara langsung, caranya sangat mudah. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi antivirus Avast yang sudah terinstal. Setelah itu, Anda lanjutkan dengan mengklik menu Protection kemudian klik Virus scan.

Selanjutnya, carilah ikon bergambar roda bergerigi yang terletak pada bagian kanan atas layar komputer Anda. Setelah muncul kotak pengaturan maka selanjutnya Anda hilangkan tanda centang yang ada di dalam kotak tersebut.

Perlu Anda ketahui, terdapat bagian yang memiliki tanda centang secara default. Namun, jika Anda ingin menghilangkan atau menambahkan centang di pilihan lain maka sebaiknya Anda pahami lebih dulu fungsi-fungsinya.

Jika tidak sebaiknya jangan melakukan perubahan apapun karena hal ini akan beresiko mempengaruhi fungsi Avast sebagai program yang melindungi komputer Anda dari virus-virus berbahaya.

Cara mematikan antivirus Avast dari Toolbar (mematikan untuk sementara)

Tutorial Cara Mematikan Antivirus Avast Sementara dan Permanen

Jika cara sebelumnya adalah mematikan secara permanen maka dengan cara ini Anda hanya akan mematikan antivirus tersebut untuk sementara saja. Dengan cara ini, Anda bisa melakukannya dengan cepat dan mudah karena hanya perlu mengklik menu di Toolbar.

Yang lebih menyenangkan lagi, Anda bisa melakukan cara ini di laptop maupun PC Anda sehingga tidak perlu membuka aplikasi Avast.

Meskipun dikatakan sementara tapi sebenarnya fitur ini juga bisa digunakan untuk mematikan antivirus Avast secara permanen. Hanya saja, pilihan yang tersedia tidak terlalu banyak yang ada di aplikasi Avast. Oleh sebab itu, metode ini lebih disarankan untuk mematikan program untuk semntara waktu.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengklik menu Toolbar laptop kemudian cari ikon antivirus Avast. Setelah menemukan ikon tersebut selanjutnya Anda klik kanan pada ikon tersebut lalu lanjutkan dengan mengklik Avast shield control.

Perlu Anda ketahui jika menu Avast shield control ini sedikit berbeda dengan menu yang digunakan pada metode yang pertama. Walaupun sama-sama digunakan untuk pengaturan tapi pada metode ini fungsi yang akan dimatikan tidak diperinci dengan lengkap namun tetap bisa digunakan untuk mematikan fitur keamanannya.

Setelah Anda mengklik Avast shield control maka langkah selanjutnya adalah memilih mode mematikan Avast yang diinginkan. Pada menu ini,Anda akan menemukan banyak sekali pilihan.

Beberapa diantaranya adalah mematikan Avast selama 10 menit atau selama 1 jam saja, mematikan Avast hingga komputer restart dan yang terakhir adalah mematikan Avast secara permanen. Terakhir,jika Anda sudah memilih maka Anda hanya perlu menekan OK untuk konfirmasi kemudian tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Ketiga pilihan tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahannya. Untuk pilihan pertama, metode ini lebih tepat digunakan saat Anda mendownload dan menginstal aplikasi tertentu. Sehingga setelah proses download dan install selesai computer Anda akan kembali terlindungi.

Sementara pilihan kedua lebih cocok jika Anda melakukan proses instalasi yang juga mengharuskan laptop Anda untuk restart sehingga ketika laptop Anda menyala kembali semua isinya sudah kembali terlindungi dari virus.

Cara uninstall antivirus Avast

Tutorial Cara Mematikan Antivirus Avast Sementara dan Permanen

Selain mematikan antivirus tersebut, Anda juga bisa melakukan uninstall jika dirasa aplikasi tersebut tidak terlalu cocok untuk Anda. Namun, jika Anda menggunakan Avast premium maka sebaiknya jangan uninstall aplikasi tersebut sampai batas berlangganan Anda habis. Dengan menguninstal aplikasi tersebut, Anda akan punya ruang lebih untuk aplikasi lain.

Langkah pertama untuk menginstal aplikasi ini sebenarnya cukup mudah. Pertama Anda hanya perlu membuka Control panel kemudian Anda klik pilihan Uninstal a program yang ada di menu Program kemudian pilih aplikasi Avast dan klik aplikasi tersebut. Selanjutnya, klik uninstall lalu konfirmasi agar proses uninstall dapat dimulai.

Sebenarnya cara uninstall Avast sama saja dengan cara menguninstal program lainnya. namun, yang menjadi pertimbangan disini adalah apakah metode ini merupakan metode yang cocok bagi Anda? Perlu diketahui dengan uninstall Avast Anda tidak hanya mematikan kinerja program tersebut tapi juga menghapusnya.

Jika dirasa Anda masih membutuhkan antivirus yang cukup sensitif maka sebaiknya pilih metode lain yang lebih sesuai.

Perlu Anda ingat, metode-metode yang digunakan diatas hanya bisa digunakan untuk komputer yang sudah menggunakan Windows 10 saja.

Jika Anda masih menggunakan Windows versi dibawahnya maka Anda mungkin perlu melakukan berbagai pengaturan lebih dulu karena caranya sedikit berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda disarankan untuk mencari metode lain yang lebih sesuai dengan komputer Anda.

Meskipun keberadaan antivirus sangat penting untuk melindungi komputer dari serangan virus yang merusak tapi sebenarnya ada beberapa kondisi dimana antivirus justru bisa menghalangi aktivitas Anda.

Oleh karena itu, jika Anda lebih sering menggunakan komputer untuk kepentingan basic seperti mengetik, mengedit file dan menggunakan internet maka Anda sebaiknya tidak mengutak-atik pengaturan antivirus.  Hal ini karena hal tersebut justru bisa mempengaruhi fitur-fitur keamanan yang ada di aplikasi antivirus Anda.

Dari berbagai cara mematikan antivirus Avast diatas, Anda bisa memilih metode mana yang tepat untuk Anda. Entah itu mematikan secara permanen,sementara atau bahkan menginstalnya semua itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebaiknya sebelum mematikan antivirus tersebut, Anda perhatikan dulu kebiasaaan dan tujuan Anda mematikannya. Jika Anda sering menginstal aplikasi berbahaya maka memang sebaiknya antivirus tersebut dimatikan secara permanen namun jika tidak sebaiknya nonaktifkan saja untuk sementara waktu.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %