5 Cara Beli Token PLN Lewat Hp via Grab, Gojek, Bukalapak, Tokopedia dan BCA Mobile Banking

0 0
0 0
Read Time:10 Minute, 22 Second

Mengisi token listrik sekarang bisa dimana saja dan kapan saja. Anda tidak perlu lagi repot – repot ke luar rumah apalagi menerjang hujan badai untuk membeli pulsa token di counter atau minimarket terdekat.

Anda bisa mencoba cara lain yang lebih efektif, yakni mengisi pulsa token  langsung dari smartphone. Tetapi, apa anda sudah tahu bagaimana Cara Beli Token PLN Lewat HP?

Macam – Macam Cara Beli Token PLN Lewat HP

Ada beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk mengisi ulang pulsa token listrik via smartphone. Mulai dari membeli pulsa token di aplikasi penyedia layanan transportasi, aplikasi jual beli online, hingga aplikasi perbankan. Mana yang lebih cocok bagi anda?

Untuk mengetahui lebih jauh, anda bisa mengikuti pembahasan mengenai step by step pengisian token via smartphone di bawah ini.  Selamat mencoba!

Cara Beli Token PLN Lewat Gojek

Cara Beli Token Lewat HP  yang bisa anda coba pertama ialah melalui aplikasi Gojek. Aplikasi sebesar 39.96 MB ini menyimpan berbagai fitur menarik yang bisa anda manfaatkan untuk mempermudah pekerjaan anda, salah satunya adalah pembelian pulsa token.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi Gojek untuk membeli pulsa token hanya dengan mengikuti langkah – langkah sederhana berikut ini.

  • Pertama, buka aplikasi Gojek di smartphone anda dan pastikan anda sudah memiliki akun Gojek  aktif dan jumlah saldo yang mencukupi, ya !
  • Kemudian, pilih opsi Lainnya yang berada di samping opsi Isi Saldo. Lalu akan muncul berbagai opsi seperti, Minta, Riwayat, Tarik, Voucher, Tagihan, Pulsa, Pengaturan, dan Bantuan. Pilih opsi Tagihan.
  • Setelah anda membuka opsi Tagihan, pilih PLN. Nanti anda akan melihat 3 kategori tagihan listrik prabayar, pasca bayar, dan non-taglis. Karena anda ingin mengisi pulsa token, maka pilihlah kategori Prabayar.
  • Masukkan nomor ID pelanggan atau nomor meter listrik yang ingin anda isi. Lalu, pilih berapa nominal pulsa yang ingin anda beli dengan cara men-tap salah satu kotak di bawah kolom nomor meter, mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 1.000.000.

5 Cara Beli Token PLN Lewat Hp via Grab, Gojek, Bukalapak, Tokopedia dan BCA Mobile Banking

  • Jika sudah mengisi nomor meter dengan benar dan sudah memilih nominal pulsa token sesuai kebutuhan anda, kini saatnya untuk mengklik tombol Beli.

5 Cara Beli Token PLN Lewat Hp via Grab, Gojek, Bukalapak, Tokopedia dan BCA Mobile Banking

  • Gojek akan menampilkan detail pembayaran di layar hp anda sebagai bentuk konfirmasi, pada bagian ini periksa kembali apakah data yang terlampir pada detail pembayaran tersebut sudah sesuai atau belum. Jika sudah, klik Beli.
  • Kemudian, anda akan diminta untuk mengisi 6 digit PIN Go-Pay milik anda. Selesai.
  • Jika pembelian pulsa token sukses, maka Gojek akan segera menampilkan kode token listrik di layar smartphone. Sekarang, anda bebas menentukan untuk  menyalin kode tersebut atau langsung mengisinya ke meteran listrik anda.

Bagaimana jika lupa mencatat kode tersebut dan terlanjur menutup aplikasi Gojek ?

Tenang saja, tidak perlu panik, anda masih bisa melihat kode token tersebut dengan cara membuka menu Go – Bills lalu pilih Riwayat Pembayaran yang terletak di bagian pojok kanan atas layar, lalu pilih transaksi pembelian token listrik yang baru dilakukan. Nanti anda akan menemukan 20 digit kode unik pada bagian kode Token / Stroom, itulah kode token anda.

Cara Beli Token PLN di Tokopedia

Cara Beli Token Lewat HP berikutnya ialah melalui aplikasi Tokopedia. Sama seperti aplikasi Gojek, Tokopedia juga menyediakan berbagai opsi yang menarik bagi para pengguna, salah satunya ialah pengisian pulsa token listrik.

Berikut ini langkah – langkah mengisi token listrik via aplikasi Tokopedia.

  • Pertama buka aplikasi Tokopedia di smartphone anda dan tunggu hingga anda melihat tampilan halaman Home aplikasi Tokopedia.
  • Setelah itu pilih Beranda, kemudian pilih Pulsa, lalu tap Pembayaran dan Top Up.
  • Pilih kategori pulsa Listrik PLN, lalu klik opsi Token Listrik, dan masukkan nomor ID pelanggan atau nomor meter listrik milik anda beserta nominal pulsa yang anda butuhkan pada kolom yang telah disediakan.
  • Jika anda sudah mengisi nomor meter dengan benar dan sudah memilih nominal pulsa sesuai kebutuhan anda maka kini saatnya anda mengklik tombol Beli yang terletak pada bagian bawah layar untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  • Pada tahap berikutnya, anda bisa memanfaatkan kode promo untuk mendapatkan potongan harga, dengan cara memasukkan kode promo tersebut pada kolom yang telah disediakan. namun jika anda tidak memiliki kode promo apapun, anda bisa mengosongkan kolom tersebut.
  • Klik Lanjut, dan pilih metode pembayaran yang anda inginkan. Metode pembayaran bisa dilakukan  melalui transfer bank atau virtual account.
  • Setelah itu, anda tinggal mengikuti prosedur selanjutnya. Untuk beberapa metode pembayaran, anda tidak akan diminta untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu sehingga proses bisa menjadi lebih cepat.
  • Jika pembelian sukses, maka Tokopedia akan menampilkan kode token listrik di layar smartphone anda. Bagaimana , mudah bukan?

Jika anda tidak sempat mencatat nomor token tersebut, anda bisa melihatnya lagi di bagian Menu Pulsa. Caranya ialah klik menu Pulsa lalu pilih Daftar  dan klik No Invoice. Tak lama, Tokopedia akan menampilkan halaman detail pembelian pulsa token lengkap dengan kode tokennya pada layar smartphone anda.

Cara Beli Token Lewat Aplikasi BukaLapak

Selain melalui aplikasi Tokopedia, Cara Beli Token Lewat HP juga bisa dilakukan melalui aplikasi BukaLapak. BukaLapak bekerja sama dengan Sepulsa untuk menyediakan fitur Beli Token Listrik Prabayar / Token sehingga anda dapat membeli token listrik secara online dengan nominal yang ditawarkan mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 1.000.000.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan pengisian pulsa token listrik via BukaLapak.

  • Pertama, buka aplikasi BukaLapak di smartphone anda. Setelah itu pilih opsi Lainnya pada bagian Menu Favorit.
  • Pilih kategori Prabayar, lalu klik Listrik Prabayar.
  • Berikutnya, anda bebas untuk memilih menggunakan metode scan barcode untuk men-scan barcode yang tertera pada meteran listrik di rumah anda atau memilih mengetik sendiri nomor ID pelanggan atau nomor meter listrik secara manual.
  • Masukkan nominal pulsa listrik yang anda butuhkan lalu pilih metode pembayaran menggunakan Buka Dana , BukaDompet atau Pembayaran Lain.
  • Setelah itu, anda bisa mengabaikan pertanyaan  Apa anda punya kode voucher ? dengan langsung mengklik tombol Bayar . Namun, jika anda memiliki kode voucher, maka anda bisa memanfaatkannya dengan mengklik Ya , saya ingin menggunakan kode voucher.
  • Setelah itu, anda harus segera membayar tagihan tersebut sebelum batas waktu yang telah ditentukan.
  • Jika anda memilih metode pembayaran melalui Transfer Bank, maka untuk menyelesaikan pembayaran, anda harus mentransfer sejumlah uang dengan nominal sebesar jumlah tagihan token listrik tersebut ke salah satu rekening bank milik BukaLapak. Kemudian, anda perlu memverifikasi pembayaran dengan memasukkan 3 nomor unik yang anda terima dari BukaLapak.
  • Jika proses transaksi sukses, maka BukaLapak akan mengirimkan kode token listrik anda berikut detail pembayarannya. Selesai.

Bagaimana jika proses transaksi berjalan sukses namun anda lupa mencatat kode token yang dikirim oleh BukaLapak ?

Tenang, anda tidak kehilangan kode tersebut, BukaLapak hanya menyimpannya di bagian Ringkasan Akun Transaksi.

Namun, anda juga bisa mengeceknya via E-mail dengan cara membuka pesan yang dikirimkan oleh BukaLapak di inbox anda. Biasanya, BukaLapak mengirim pesan e-mail yang berisi 20 digit kode token ke alamat e-mail yang anda gunakan untuk mendaftar BukaLapak.

https://www.youtube.com/watch?v=NbCo-SKXJgY

Cara Beli Token Lewat Grab

Layanan aplikasi yang bergerak di bidang transportasi ini juga tidak mau kalah dengan rivalnya, Gojek. Grab membekali aplikasinya dengan beragam fitur menarik yang bertujuan untuk mempermudah kegiatan transaksi konsumen.

Misalnya saja fitur pembelian token listrik yang bisa anda manfaatkan untuk mengisi token listrik yang sudah kehabisan pulsa. Bagaimana caranya ? Berikut ini adalah Cara Beli PLN Praya Bayar Lewat HP melalui aplikasi Grab yang bisa anda coba di rumah.

  • Pertama, buka aplikasi Grab di smartphone anda. Kemudian pilih menu Tagihan.
  • Anda akan melihat berbagai opsi menu Tagihan yang bisa anda pilih, mulai dari PLN, Telkomsel / Halo, XL Prioritas , Indosat Matrix, Smartfren Pascabayar, Tri Pascabayar, dan Bolt Pascabayar.
  • Pilih opsi PLN, kemudian masukkan nomor ID pelanggan atau nomor meter listrik anda.
  • Lalu konfirmasi detail Tagihan untuk melihat apakah nominal dan nomor pelanggan sudah benar atau belum. Lalu klik Bayar. Selesai.

Cara Beli PLN Pra Bayar Lewat Mobile Banking BCA

Membeli PLN Pra bayar secara online via aplikasi mobile banking memang sudah jadi favorit banyak orang. Namun,  tidak sedikit pula orang yang belum mengetahui cara mengisi pulsa token via Mobile Banking. Apakah anda termasuk salah satu diantaranya?

Tidak perlu khawatir, mulai sekarang anda hanya perlu mengikuti instruksi sederhana di bawah ini. Selamat mencoba!

Cara Beli Token Lewat HP via Mobile Banking BCA.

  • Pertama, buka aplikasi mobile banking BCA di smartphone anda. Kemudian, anda akan melihat 3 opsi di layar smartphone bertuliskan M-BCA, Klik BCA, Info BCA, Ganti Kode Akses, Info Saldo Flazz, dan About.
  • Pilih opsi M-BCA, masukkan kode akses berupa 6 digit kode alphanum lalu klik Login. Setelah itu, pilih M-Commerce, lalu pilih PLN Prabayar. Masukkan nomor ID pelanggan atau nomor meter listrik rumah anda, jika sudah selesai klik OK dan pilih Send.
5 Cara Beli Token PLN Lewat Hp via Grab, Gojek, Bukalapak, Tokopedia dan BCA Mobile Banking
image: https://www.cindenian.com
  • Selanjutnya, anda akan diminta untuk mengisi nominal pulsa token dengan cara mengklik kolom bertuliskan nominal, lalu pilih nominal pulsa yang anda butuhkan mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 10.000.000. Kemudian, klik OK.
  • Selanjutnya, BCA akan menampilkan detail informasi transaksi kepada anda mulai dari informasi nomor meter, nominal pulsa yang anda pilih, hingga biaya admin yang akan dikenakan kepada anda nantinya. Periksa kembali apakah informasi yang tertera pada detail transaksi tersebut sudah benar dan sesuai atau belum, jika sudah lanjutkan ke tahap selanjutnya dengan mengklik tombol OK.
5 Cara Beli Token PLN Lewat Hp via Grab, Gojek, Bukalapak, Tokopedia dan BCA Mobile Banking
image: https://www.cindenian.com
  • Berikutnya, masukkan PIN BCA anda lalu klik OK. Selesai.
  • Sekarang, anda hanya perlu menunggu BCA mengirimkan 20 digit kode token kepada anda. Apabila, anda sudah menerima pemberitahuan dari BCA soal kode token tersebut, anda bisa langsung mencatatnya atau langsung memasukkannya ke meteran listrik di rumah anda.
  • Namun, jika anda tidak langsung mencatatnya atau bahkan terlanjur meng-close aplikasi M-BCA, maka anda bisa mengecek kode token tersebut pada bagian menu M-Commerce. Caranya, buka menu M-Commerce lalu pilih Inbox, lalu pilih PLN Prabayar.
  • BCA akan segera menampilkan kode token anda  di layar smartphone. Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir jika kode tersebut hilang, karena anda masih bisa melihat kode tersebut di Inbox M-Commerce.

Keuntungan Membeli Pulsa Token Listrik Via Online

Anda sudah mengetahui Cara Beli Token Lewat HP melalui aplikasi Tokopedia, Grab, Gojek, BukaLapak, dan aplikasi Mobile Banking. Tapi apa ya kelebihan membeli pulsa token via aplikasi- aplikasi tersebut ? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dari pembelian token via internet berikut ini.

Hemat Waktu

Bagi anda yang terbiasa menunggu lamanya antrian dan proses transaksi pembelian pulsa token manual di counter atau minimarket terdekat, membeli pulsa secara online tentu akan jauh lebih cepat dan efisien, karena anda bisa langsung melakukannya di tempat tanpa harus menunggu antrian panjang.

Hemat Tenaga

Kehabisan pulsa listrik di saat cuaca sedang hujan lebat memang tidak mengenakkan. Anda perlu menerobos derasnya hujan hanya untuk membeli pulsa listrik di counter atau minimarket terdekat. Belum lagi jika operator counter kehabisan saldo token, maka anda harus berjalan lebih jauh untuk mencari toko atau counter lainnya.

Lebih efisien

Membeli pulsa listrik lewat HP bisa jadi lebih efisien. Hal itu karena anda bisa membeli pulsa token dimana saja dan kapan saja. Berbeda halnya jika anda membeli pulsa token secara manual di counter terdekat. Tentu anda perlu memperhatikan waktu – waktu tertentu seperti jam buka dan jam tutup counter tersebut.

Jika anda kehabisan pulsa listrik di malam hari dan counter sudah tutup, maka anda harus menunggu hingga keesokan harinya untuk bisa membeli pulsa listrik.

Dengan menggunakan aplikasi – aplikasi yang telah disebutkan di atas, maka anda bisa membeli token kapan saja tanpa perlu repot – repot keluar rumah. Anda hanya perlu membuka HP dan semua urusan anda akan terselesaikan dengan cepat.

Lebih murah

Membeli pulsa token via online akan menghemat lebih banyak biaya. Hal itu karena para pengembang aplikasi saling berlomba – lomba untuk menawarkan harga serendah mungkin bagi para konsumen dengan harapan bahwa konsumen akan setia menggunakan produk (aplikasi) mereka untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Misalnya saja jika anda membeli pulsa token di toko, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 23.000 untuk pembelian pulsa token senilai 20.000. Tetapi, jika anda membeli pulsa token di aplikasi Gojek, Grab, Tokopedia, dan lain sebagainya, anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 20.990 hingga Rp. 22.500 untuk setiap pembelian pulsa token senilai Rp. 20.000.

Bagaimana, Murah bukan?

Namun, perlu diingat bahwa meskipun layanan pembelian token listrik via aplikasi – aplikasi tersebut dapat digunakan kapan saja ( selama 24 jam ) tetapi berbeda halnya dengan PLN yang masih menerapkan jam offline. Biasanya,  PLN akan offline mulai pukul 11 malam hingga pukul 1 pagi waktu setempat.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika memilih membeli pulsa listrik via online. Setelah mengetahui Cara Beli Token listrik PLN Lewat HP dan beberapa keuntungannya, apakah anda akan mencobanya juga ? Atau anda tetap memilih membeli pulsa listrik secara manual?

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %