Apa Itu JavaScript? Berikut Penjelasannya dan Cara Kerjanya!

0 0
0 0
Read Time:3 Minute, 48 Second

Kata JavaScript mungkin sudah tidak asing di telinga anda. istilah ini sering digunakan dalam pembahasan mengenai pemrograman komputer.

Namun sebenarnya, apa itu Javascript? Apakah fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya? Nah jika anda adalah orang awam yang hendak mempelajari Javascript, anda perlu menyimak artikel berikut ini. Check this out!

Penjelasan Mengenai JavaScript

Apa Itu JavaScript? Berikut Penjelasannya dan Cara Kerjanya!

Javascript adalah salah satu istilah pemrograman website yang dapat menjadikan website buatan anda menjadi lebih menarik dan lebih terlihat hidup. Bahasa pemrograman Javascript ini dilakukan pada perangkat pengunjung halaman atau situsnya, jadi bukan pada server. Hal ini tentu berbeda dengan PHP.

Javascript juga sering disamakan dengan HTML serta CSS, padahal ketiganya merupakan hal yang berbeda. HTML berfungsi untuk mensetting tampilan dari konten yang akan ditampilkan di website. CSS berfungsi untuk mengatur layout dalam halaman.

Jika diibaratkan, HTML merupakan bangunan rumahnya, CSS adalah perabotan di dalamnya, sedangkan Javascript adalah printilan kecil dalam rumah seperti lampu, pintu, keran dan sebagainya.

Javascript akan membuat halaman anda lebih responsif sehingga lebih nyaman digunakan. Jika ditautkan pada pengibaratan diatas, rumah akan baik baik saja jika anda tidak memasang lampu namun akan memberikan kesan suram dan tidak nyaman. Untuk itu, Javascript perlu diterapkan agar website anda tampak lebih hidup dan tidak suram.

Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup mudah dipelajari. Netscape selaku pengembang dari bahasa pemrograman ini telah mengatur Javascript sedemikian rupa sehingga mudah digunakan.

Saat ini Javascript telah digunakan oleh lebih dari separuh website yang ada. Anda juga bisa menerapkan pengalihan elemen ke halaman website tertentu jika anda menggunakan Javascript.

Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan pada banyak perangkat serta browser sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaannya ini termasuk yang sangat didukung untuk berbagai jenis perangkat dan browser. Javascript juga hanya menghabiskan sedikit memori.

Namun bagi beberapa pihak, banyak yang menyayangkan keberadaan Javascript karena dianggap kurang aman bagi website.

Cara Kerja serta Beragam Fungsi Javascript

Apa Itu JavaScript? Berikut Penjelasannya dan Cara Kerjanya!

Untuk lebih memahami tentang Javascript, anda perlu menyimak bagaimana cara kerjanya dan fungsi dari Javascript ini. Cara kerja Javascript adalah sebagai berikut.

Pertama, pengunjung website akan diarahkan melalui sebuah file berformat .js yang terpisah dari halaman atau di embed pada halaman website. Jadi, bisa dikatakan Javascript merupakan bahasa pemrograman dari sisi client bukan server.

Kemudian, klien akan diarahkan untuk mengakses website dan script yang telah ada akan otomatis terunduh pada perangkat klien. Script tersebut nantinya akan diproses pada perangkat klien yang mengunduh dan bukan pada website server.

Berbeda dengan HTML, CSS dan PHP bukan? Untuk html, css, serta php, cara kerjanya adalah memproses pada web server kemudian hasilnya akan ditampilkan pada pengguna yang mengakses website atau klien.

Pada beberapa web browser yang pada akhirnya menawarkan klien untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Javascript ini karena dianggap terlalu mengganggu. Namun jika Javascript ini dinonaktifkan, mungkin ada beberapa fitur yang tidak dapat anda akses dalam website tersebut.

Kelebihan Javascript

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang mempunyai banyak sekali kelebihan. Diantaranya adalah:

  • Lebih mudah dipelajari. Javascript merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari dibandingkan bahasa pemrograman lainnya yang ada
  • Penanganan untuk kesalahan atau error lebih mudah
  • Tidak membutuhkan compiler karena web browser sudah bisa menginterpretasikan Javascript menggunakan html
  • Tugasnya dapat dialihkan ke even lain maupun halaman lainnya
  • File berformat .js dari javascript bisa digunakan dalam berbagai browser dan platform sehingga tidak perlu tambahan aplikasi
  • Bisa digunakan sebagai alat validasi dari input tertentu pada website sehingga tidak perlu pengecekan data manual secara berulang
  • Penggunaan memori kecil, ringan dan tidak memerlukan banyak tempat.

Kekurangan Javascript

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Javascript tentu tetap memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa diantaranya:

  • Memiliki resiko eksploitasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan Javascript merupakan bahasa pemrograman populer yang mudah dipelajari sehingga para scammer, hacker serta pihak yang ingin memanfaatkan keadaan lainnya lebih mudah mencari celah dari Javascript agar website bisa dibobol
  • Beberapa browser dan perangkat tertentu ternyata tidak mengizinkan keberadaan Javascript ini karena alasan keamanan
  • JS code snippet dari Javascript juga cukup banyak sehingga ketika melakukan rendering, dapat mengarah pada inkonsistensi jika diterapkan ke browser atau perangkat yang berbeda.

Bagaimana? Kekurangan Javascript tidak lebih banyak dari kelebihannya bukan. Jadi, meskipun memiliki beberapa kekurangan, anda tidak perlu ragu untuk menggunakan Javascript untuk mempercantik website anda.

Cara Membuat Javascript

Apa Itu JavaScript? Berikut Penjelasannya dan Cara Kerjanya!

Cara membuat Javascript sangatlah mudah. Anda hanya perlu menuliskan ’<script>’ sebagai tag pada string code dari Javascript dalam website. Selain itu, Javascript sebaiknya disertakan dalam tag ‘<header>’ pada website anda jika anda anda ingin menerapkannya pada setiap waktu dan elemen. Anda tidak perlu mengaktifkannya jika anda tidak mau Javascript berjalan setiap saat.

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa itu Javascript, bagaimana cara kerjanya, kekurangan dan kelebihannya serta cara membuat Java script. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %